UGM Peringkat 7 di ASEAN

Kampus Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta.
Sumber :
  • www.ugm.ac.id

VIVAnews - Universitas Gajah Mada Yogyakarta meraih peringkat ke 7 dari 100 daftar universitas terbaik se ASEAN versi Majalah Webomatric edisi Januari 2011.

Peringkat ke 7 sebagai salah satu unversitas terbaik ini meningkat satu tingkat dari rangking tahun 2010 yang berada di rangking nomor 8 universitas terbaik se Asean. Sedangkan Universitas Indonesia menduduki rangking 8 dan ITB menempati peringkat ke 15.

"Peringkat ke 7 universitas terbaik se Asean versi Webomatric edisi Januari 2011 ini juga menunjukkan UGM sebagai universitas terbaik di Indonesia. Untuk terbaik Indonesia UGM kembali berada di peringkat pertama setelah tiga tahun sebelumnya juga berada pada posisi teratas," kata Kepala Bidang Humas dan Keprotokolan UGM, Suryo Baskoro, Jumat, 4 Januari 2011

Baskoro menyatakan untuk peringkat teratas di Asia Tenggara diduduki oleh National University of Singapore, peringkat teratas Asia adalah National Taiwan University, sementara peringkat terbaik dunia dipegang oleh Massachusetts Institute of Technology.

"Jika di Asia Tenggara UGM pada peringkat ke 7, maka dalam kawasan Asia, UGM menempati peringkat ke 69 dan peringkat ke 593 di tingkat dunia," ujarnya.

Menurut Baskoro Webometrics adalah lembaga yang berafiliasi dengan Dewan Riset Nasional Spanyol, yang dua kali dalam setahun mengeluarkan daftar peringkat, yakni pada bulan Januari dan Juli. Penghitungan peringkat Webometrics ini didasarkan pada keunggulan dalam publikasi elektronik (e-publication) yang terdapat dalam domain web masing-masing perguruan tinggi.

"Penilaian diukur dari empat indikator, yakni size (jumlah halaman publikasi elektronik yang terdapat dalam domain web perguruan tinggi), visibility (jumlah halaman lain yang mencantumkan URL domain perguruan tinggi yang dinilai), rich files (relevansi sumber elektronik dengan kegiatan akademik dan publikasi perguruan tinggi tersebut), dan scholar (jumlah publikasi dan sitasi bermutu pada domain perguruan tinggi). Data yang dikumpulkan diolah dan digunakan untuk memeringkat lebih kurang 12.000 perguruan tinggi dari seluruh dunia," paparnya.

Lebih lanjut Baskoro menyatakan capaian yang telah diraih UGM membuktikan bahwa publikasi media dinilai sebagai yang paling komprehensif dan paling kaya di negeri ini.

"Hal ini patut di syukuri UGM sebagai yang terbaik di Indonesia, namun demikian namun peringkat tersebut bukanlah tujuan UGM. Upaya-upaya yang dilakukan UGM untuk meningkatkan kualitas segala aspek kehidupan kampus, sesuai dengan visi UGM," pungkasnya.

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

Laporan: Juna Sanbawa | Yogyakarta

Tim Penyelamat Evakuasi Korban di Gedung Konser Moskow (Doc: X)

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Amerika Serikat (AS) disebut toleh Rusia elah mengambil tindakan terburu-buru dengan menyalahkan kelompok teror ISIS, atas teror di Moskow.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024