Perjalanan Komodo Menuju Final New7Wonders

Komodo
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Berhenti atau tidaknya perjalanan Taman Nasional Komodo menuju puncak Tujuh Keajaiban Dunia yang baru, akan diputuskan pukul 19.00 WIB atau 00.00 GMT oleh pihak Yayasan New7Wonders. Komodo terjegal urusan 'tuan rumah' yang dilepas pemerintah karena tingginya biaya yang harus dikeluarkan.

Untuk menjadi tuan rumah, Indonesia dan dua negara lain yang berminat harus membayar licence fee senilai US$10 juta dan biaya penyelenggaraan senilai US$35 juta atau sekitar Rp450 miliar. Dan, pemerintah seperti yang disampaikan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik sudah memutuskan, tidak akan mengeluarkan uang sebesar itu untuk kompetisi yang belum dimenangkan Taman Nasional Komodo.

Karena dianggap tidak mampu menjalankan komitmen menjadi tuan rumah finalis Tujuh Keajaiban Dunia, Yayasan New7Wonders mengancam akan menghapus Taman Nasional Komodo dari daftar finalis dengan tenggat waktu hingga Senin 7 Februari 2011, pukul 19.00 WIB. Yayasan akan mengumumkan lewat websitenya.

Bagaimana perjalanan Taman Nasional Komodo menuju final, Menbudpar Jero Wacik, hari ini membeberkan kronologinya sebagai berikut:

Desember 2007
Peresmian kampanye New7Wonders. Indonesia mengirim tiga destinasi untuk diikutkan dalam New7Wonders yaitu Taman Nasional Komodo, Anak Gunung Krakatau dan Danau Toba. Ada 440 objek dari 220 negara.

Agustus 2008
Indonesia mendaftar sebagai Official  Supporting Committee yang mengisi Standart Participation Agreemeent dengan membayar biaya administrasi untuk tiga objek masing-masing US$199.

21 Juli 2009
Taman Nasional Komodo menjadi nominasi yang dipilih masuk kampanye tahap final. Taman Nasional Komodo menjadi bagian  dari 28 nominasi finalis lainnya.

Februari 2010
Penawaran peluang dari Yayasan New7Wonders bagi Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan New7Wonders pada tanggal 11 November 2011.

Maret-November 2010
Penjajakan dan kunjungan lokasi.

25 November 2010
Indonesia mengemukakan minat bidding menjadi tuan rumah. Ada dua negara lain yang juga menyatakan minat, Brazil dan Abu Dhabi.

6 Desember 2010
Konfirmasi dari New7Wonders,  Indonesia dipilih jadi tuan rumah dengan licence fee US$10 juta. Ditambah biaya penyelenggaraan US$35 juta. Total biaya US$45 juta.

29 Desember

Ada surat ancaman eliminasi Taman Nasional Komodo sebagai finalis karena belum ada finalisasi sikap Indonesia sebagai tuan rumah.

2 Februari 2011
Melalui pengacara, Pemerintah Indonesia mengirim surat protes atas rencana eliminasi sebagai finalis New7Wonders.

Alasan Citroen Masih Enggan Pasarkan Mobil Hybrid di Indonesia

7 Februari 2011
Pemerintah menyiapkan tuntutan kepada New7Wonders jika Taman Nasional Komodo dihapus dari daftar finalis. (sj)

Konferensi pers

Mutia Ayu Cerita Kedekatan Sang Putri dengan Marthino Lio Pemeran Glenn Fredly

Dalam kesempatan itu, Mutia juga bercerita bahwa putrinya dengan Glenn, Gewa saat ini memiliki hubungan yang akrab dengan Marthino Lio.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024