Sultan Jamin Ahmadiyah di Yogyakarta Aman

Jemaah Ahmadiyah luka parah setelah diserang di Cikeusik
Sumber :
  • Antara Foto

VIVAnews - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menegaskan, penganut Ahmadiyah di Yogyakarta tidak perlu takut  kekerasan di Cikeusik, Pandeglang, Banten akan merembet ke Yogyakarta. Dalam bentrok di Cikeusik, tiga jemaah Ahmadiyah tewas.

”Persoalan sebetulnya bukan siapa yang mendahului, tetapi bagaimana semua pihak saling menghargai dalam proses kebersamaan sebagai suatu bangsa,” kata Sultan, Senin 7 Februari 2011. "Seharusnya siapapun dia, tidak boleh memaksakan kehendak dari salah satu pihak."
 
Menurut Sultan, Ahmadiyah juga ada di Yogyakarta. ”Tak ada masalah dengan Ahmadiyah jika semua pihak saling menghargai,” tandasnya.
 
Jaminan serupa juga disampaikan Sekretaris Majelis Ulama Indonesia DIY KRT Ahmad Muhsin Kamaludiningrat. Muhsin meyakinkan kejadian Cikeusik tak akan menimpa warga Ahmadiyah di DIY. Sebab Ahmadiyah yang berkembang di wilayahnya adalah Ahmadiyah Lahore. Sementara di daerah lain, jelas dia, yang berkembang adalah Ahmadiyah Kodyan.
 
”Ahmadiyah Lahore sama dengan umat Islam lainnya, syahadatnya juga sama. Sehingga umat Islam non-Ahmadiyah cukup toleran,” kata Muhsin.
 
Menanggapi kejadian di Banten, Muhsin menilai hal itu tidak akan terjadi kalau pemerintah tegas. "Seharusnya pemerintah tegas melarang Ahmadiyah. Karena fatwa MUI menyatakan bahwa Ahmadiyah itu aliran sesat. Kenapa pemerintah sampai sekarang masih takut,” terangnya.

Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim

Laporan: Juna Sanbawa | Yogyakarta, umi

Wilayah kerja migas lepas pantai yang dikelola Medco Energi.

Medco Energi Resmi Divestasi Seluruh Sahamnya di Ophir Vietnam Block 12W B.V

PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi) mengumumkan penyelesaian divestasi seluruh kepemilikan sahamnya di Ophir Vietnam Block 12W B.V. (OVBV).

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024