KWI Minta Perusak Gereja Temanggung Ditangkap

Pekerja membersihkan Gereja Katedral Jakarta
Sumber :
  • Antara/ Fanny Octavianus

VIVAnews - Sekretaris Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) Romo Benny Susetyo menyesalkan terjadinya perusakan tiga gereja di Temanggung, Jawa Tengah, Selasa, 8 Februari 2011.

“Mengapa peristiwa seperti ini masih terjadi lagi?” kata Romo Benny kepada VIVAnews.com. Dia meminta pemerintah segera turun tangan untuk mengatasi masalah ini secara tegas karena sudah berulang kali terjadi. Dia juga meminta polisi segera menangkap dan menghukum para pelaku.

“Kalau pemerintah tidak bergerak maka pelaku bisa merasa kebal hukum. Itu artinya hancur sudah peradaban hukum Indonesia,” katanya.

Sikap tegas pemerintah terhadap semua pelaku perusakan tempat ibadah, Romo Benny melanjutkan, sekaligus untuk membuktikan bahwa pemerintah memang tidak melakukan kebohongan publik sebagaimana ramai dibicarakan selama ini.

“Bila pemerintah tak mau dianggap melakukan kebohongan publik, lakukan tindakan tegas, jangan hanya berwacana saja. Jangan  lagi ada alasan tidak siap atau tidak bisa mengatasi,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, tiga gereja, yakni Gereja Bethel Indonesia, Gereja Pantekosta, dan Gereja Katolik Santo Petrus dan Paulus dibakar dan dirusak massa. Selain merusak tempat ibadah, mereka juga menghancurkan kendaraan yang berada di sekitar Gereja Pantekosta.

Menurut keterangan Romo Budi di Jawa Tengah, amuk massa ini merupakan buntut dari kerusuhan yang terjadi usai persidangan kasus penistaan agama dengan terdakwa Antonius Richmond Bawengan di Pengadilan Negeri Temanggung, di Jalan Sudirman. Massa tidak puas dengan majelis hakim yang memvonis Antonius dengan hukuman lima tahun penjara. (kd)

3 Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Olimpiade 2024
Salshabilla Adriani.

Diisukan Jadi Orang Ketiga, Salshabilla Adriani Ngaku Udah Ngobrol Sama Syifa Hadju-Rizky Nazar

Menyadari posisinya kini tengah menjadi sorotan, Salshabilla Adriani memberikan klarifikasi yang menyatakan bahwa ia tidak menyangka tiba-tiba terseret gosip miring.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024