Ansor Kerahkan Banser untuk Renovasi Gereja

Kantin Gereja Shekinah Temanggung dirusak massa
Sumber :
  • ANTARA/Anis Efizudin

VIVAnews - Ketua Umum PP GP Ansor, Nusron Wahid, mengutuk tragedi pembakaran Gereja Pantekosta dan Gereja Sekhinah yang dilakukan segerombolan massa di kawasan Temanggung, Jawa Tengah. Dia menilai tindakan ini dapat memicu disintegrasi bangsa.

"Tempat ibadah merupakan tempat suci dan diagungkan umat beragama. Karena itu wajib hukumnya untuk dijaga dari gangguan siapapun dan dari manapun," kata Nusron Wahid, Selasa 8 Februari 2011.

Tindakan pembakaran tersebut, ujar Nusron, merupakan tindakan biadab dan tidak dapat ditolerir secara hukum dan moral di negara Indonesia. "Tidak ada ajaran agama apapun yang memperbolehkan kaumnya melakukan anarki, kendati dengan tujuan menjalankan perintah agama," tegas Nusron.

KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya

PP Ansor telah memerintahkan jajaran Ansor dan Banser di kawasan Kedu, agar bekerja sama dengan aparat keamanan dan elemen masyarakat lainnya untuk memberikan perlindungan terhadap warga dan ikut menjaga fasilitas publik dan tempat agama, termasuk gereja.

Selain itu, terang Nusron, manakala situasi sudah reda, PP Ansor akan mengerahkan anggota bansernya untuk melakukan bakti sosial dalam bentuk membantu renovasi gereja, tempat ibadah, dan fasilitas umum yang rusak akibat amuk massa.

Selain itu, Nusron menegaskan bahwa negara tidak boleh lemah, apalagi dikalahkan oleh segerombolan milisi yg melakukan tindakan anarki dengan dalih dan atas nama apapun. "Ini koreksi besar buat negara dan aparatnya. Kemarin Jemaah ahmadiyah dibunuh dan dibiarkan. Sekarang gereja dibakar dan dirusak. Di mana perlindungan negara terhadap hak-hak sipil warga negara, properti, apalagi tempat ibadah?" kritiknya.

Ansor meminta kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk mengevaluasi kinerja Kapolri beserta seluruh jajaran kepolisian agar lebih tegas dan keras dalam memberikan perlindungan terhadap warga negara.

Diduga Terganggu, Komika Usir Ibu Menyusui dan Bayinya saat Pertunjukkan

"Polisi itu digaji negara. Jangan jadi penonton kalau ada kejadian genting. Tugas utamanya adalah melindungi warga bukan yang lain. Masak kejadian di Pandeglang tidak bisa dijadikan pelajaran bagi polisi?" tukasnya lagi.

Seperti diberitakan sebelumnya, kerusuhan ini bermula dari sidang penistaan agama di Pengadilan Negeri Temanggung. Massa yang tidak puas, merangsek ke luar pengadilan dan melakukan perusakan. Kronologinya bisa dibaca di sini.

Depok Jadi Tuan Rumah Pembukaan Pendaftaran PPK untuk Pilkada 2024
Manchester City

Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City

Duel Brighton vs Manchester City dalam laga tunda Premier League matchday ke 29 di Stadion American Express, Jumat 26 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024