Yogya Antisipasi Merembetnya Kekerasan SARA

Massa melakukan aksi anarkis di sidang penistaan agama di Temanggung
Sumber :
  • tvOne

VIVAnews - Berbagai elemen masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai merapatkan barisan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan yakni merembetnya kerusuhan yang berlatar belakang SARA (suku, agama, ras dan antar golongan) ke wilayah Yogyakarta.

"Dalam waktu dekat ini kami akan melakukan rapat bersama untuk mengantisipasi merembetnya kekerasan berlatar belakang agama dengan
ulama dan pemuka, polisi, serta pemerintah daerah," kata Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi DIY, Maskhul Haji di Yogyakarta, Rabu 9 Februari 2011.

Menurut Maskhul, saat ini, kondisi Yogyakarta paska kejadian kerusuhan di Temanggung, Jawa Tengah masih relatif aman. Forum Komunikasi Antar Umat Beriman (FKUB) sangat aktif jika ada masalah yang menyangkut kehidupan umat beragama, sehingga permasalahan segera selesai. "Selain itu, kami berharap peran aktif dan antisipasi secara dini dari aparat keamanan," tuturnya.

Sekretaris FKUB DIY, Sidik Pramana mengatakan hingga saat ini, tidak ada titik rawan penistaan atau kerusuhan antaragama di DIY. "Budaya Yogyakarta lebih mengedepankan dialog jika ada persoalan antarumat beragama, sehingga persoalan antarumat beragama dapat diselesaikan," ujarnya.

FKUB secara berkala terus melakukan dialog antarpemuka agama. Selain itu, dialog juga dibangun dengan pemerintah daerah dan aparat kepolisian. "Kami juga menyambut positif jika aparat keamanan DIY melakukan langkah antisipasi terhadap berbagai kemungkinan di DIY terkait hal itu," kata Sidik.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

Laporan: Juna Sanbawa | Yogyakarta

Persib Bandung vs Bhayangkara FC

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

Persib Bandung berbagi poin dengan Bhayangkara FC dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024. Duel digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024