Arif Ketakutan Rekam Serangan Ahmadiyah

Cuplikan video penyerangan jemaah Ahmadiyah
Sumber :
  • dok. Ahmadiyah

VIVAnews - Arif, perekam penyerangan terhadap jemaah Ahmadiyah di Cikeusik, Pandeglang, mengaku mengambil gambar aksi kekerasan brutal itu sembari ketakutan. "Tidak tenang. Dia justru gemetaran ketakutan," kata Wakil Ketua Komnas HAM, Joseph Ari Prasetyo, yang mendampingi Arif saat diperiksa di Mabes Polri, Jakarta, Jumat, 11 Fabruari 2011.

Video rekaman Arif lalu tersebar di Youtube. Gambarnya memperlihatkan betapa kawanan perusuh menganiaya jemaah Ahmadiyah di luar batas kemanusiaan. Ditelanjangi dan dikepruki beramai-ramai, tiga warga Ahmadiyah tewas dalam kondisi teramat mengenaskan.

Arif adalah seorang pegawai negeri sipil, berprofesi sebagai juru kamera, dan juga anggota jemaah Ahmadiyah dari Jakarta. Dia luput dari amuk massa karena mengaku sebagai wartawan. Kualitas gambar rekaman Arif cukup jelas. Itu karena selain berpengalaman merekam gambar, Arif juga menggunakan perangkat khusus juru kamera. "Dia menggunakan top holder," kata Joseph.

Meski demikian, selama pengambilan gambar, Arif menemui sejumlah kendala teknis. Antara lain, baterai kamera yang sering ngadat. "Jadi, lima menit sekali dimatikan," Joseph menceritakan.

Komnas HAM menemukan keberadaan Arif setelah berkomunikasi dengan Lembaga Bantuan Hukum. Setelah berkoordinasi, akhirnya Arif bersedia memberikan keterangan kepada penyidik Mabes Polri. (umi)

AHY Cuti Demi Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran Jadi Presiden dan Wapres RI
Emas Batangan.

Harga Emas Hari Ini 24 April 2024: Global dan Antam Kompak Anjlok

Harga emas internasional maupun produk Antam melemah pada perdagangan Rabu, 24 April 2024. Itu terjadi karena kekhawatiran akan eskalasi konflik Timur Tengah kian mereda.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024