Anas Tak Percaya Kekerasan Cikeusik Spontan

Anas Urbaningrum
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews- Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum tidak mempercayai kasus kekerasan yang terjadi di Cikeusik dan Temanggung terjadi spontan. Ia menilai peristiwa itu ada yang menggerakkan atau merencanakan kekerasan.

Shin Tae-yong Dapat Kabar Baik dari Erick Thohir soal Perpanjangan Kontrak

"Sangat mungkin ada yang mendorong menggerakkan kekerasan," ujar Anas di Jakarta.

Menurutnya intelijen negara harus bekerja menyimpulkan peristiwa ini karena kejadian ini beruntun, dan sebelumnya juga pernah ada peristiwa lainnya. "Saya termasuk yang tidak percaya kalau peristiwa itu spontan," ujarnya.

Menanggapi saran Menteri Agama Suryadarma Ali, terkait 4 opsi yang diberikan kepada Ahmadiyah, Anas mengakui hal itu bukan sesuatu yang mudah untuk mencari keputusan final. Namun ia mencontohkan seperti di Pakistan, status Ahmadiyah diperjelas menjadi agama tersendiri yang berbeda dengan agama Islam, hal itu bisa menjadi pelajaran. Namun jika ditetapkan Ahmadiyah menjadi agama Ahmadiyah, bukan kategori agama Islam berarti berlaku prinsip "Bagimu Agamamu, Bagiku Agamaku."

"Tinggal saling menghormati, itu menjadi salah satu alternatif yang perlu diipikirkan," ujarnya.

Seperti diketahui, Menteri Agama memberikan 4 opsi kepada Ahmadiyah yaitu, pertama, Ahmadiyah menjadi sekte tersendiri dengan menanggalkan atribut agama Islam; kedua, Ahmadiyah bisa kembali menjadi umat Islam yang sesuai dengan tuntunan Alquran; ketiga, Ahmadiyah dibiarkan saja karena ada yang berpandangan hal itu merupakan bagian dari hak asasi manusia dan kebebasan berekspresi; dan keempat, Ahmadiyah dibubarkan.

Menggabungkan Teknologi dan Kecantikan, Era Baru Perawatan Kulit dengan AI
Persebaya Surabaya Vs Persib

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Persebaya Surabaya

Duel Persib Bandung vs Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 matchday ke 32 di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu 20 April 2024, pukul 15.00 WIB.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024