Sulit, Evakuasi Pilot Pesawat Jatuh di Bintan

Evakuasi korban pesawat SMAC yang jatuh di Bintan, Kepulauan Riau
Sumber :
  • ANTARA/Henky Mohari

VIVAnews - Jenazah seorang pilot pesawat yang jatuh di Provinsi Kepulauan Riau hingga Minggu pagi, 13 Februari 2011, belum bisa dievakuasi. Empat jenazah lainnya sudah dibawa ke RSUD Tanjung Pinang dan akan dikirim ke keluarga masing-masing.
 
Tim evakuasi masih kesulitan membawa jenazah Fadhil Karim dari lokasi kecelakaan. Dia adalah pilot pesawat Cassa 212 100, yang jatuh di hutan Kampung Kampe Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, Sabtu 12 Februari 2011.

Pesawat milik Sabang Merauke Air Charter (SMAC) jatuh pada Sabtu siang setelah terbang dari bandara Hang Nadim, Batam. Lima orang meninggal dunia.

Tim evakuasi yang terus berupaya mengeluarkan jenazah pilot hingga tadi malam merasa  kesulitan. "Pagi ini tim evakuasi kembali berupaya mengeluarkan jenazah pilot yang masih berada di dalam pesawat," kata Kapolres Bintan, AKBP WS Widodo, kepada VIVAnews di lokasi kecelakaan, Minggu 13 Februari 2011.

Widodo menjelaskan, posisi pilot masih berada di depan pesawat. Tim kesulitan mengeluarkannya karena kaki kirinya terjepit. Sementara badan dan bagian tubuh lainnya sudah bisa dijangkau.

"Kalau dipaksa ditarik, kita khawatir kakinya putus. Jadi tim saat ini berupaya mengeluarkan kaki [korban] yang terjepit," kata Widodo.

Ia menambahkan, kondisi pesawat hancur. Beberapa komponen terpisah dari badan pesawat. "Evakuasi terkendala karena posisi pesawat jatuh di tengah hutan berawa," lanjut Widodo.

Sementara itu jenazah empat korban lainnya akan dibawa ke keluarga masing-masing. Suroto dipulangkan pagi ini ke Jambi dan Sahrul Nasution diantar ke Medan, Sumatera Utara.

Jenazah Indro Susanto serta Richard akan diterbangkan ke Jakarta. "Jenazah Suroto dan Sahrul Nasution sudah dikirim pagi ini. Kalau Indro dan Richard rencananya diterbangkan ke Jakarta bersama jenazah pilot yang saat ini sedang dievakuasi," kata Widodo.

Laporan: Ali Azumar / Riau

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel
Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Berita yang membahas mengenai harga Toyota Fortuner Hybrid dan Land Cruiser tangguh versi murah, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024