Alasan Kapolri Copot Kapolda Banten

Kapolda Banten, Brigjen Pol Agus Kusnadi
Sumber :
  • ANTARA/Asep Fathulrahman

VIVAnews -Tiga orang mati. Belasan lain luka parah. Kekerasan terhadap jemaah Ahmadiyah itu terjadi di muka polisi. Jumlah aparat keamanan memang sedikit, tapi sejumlah kalangan menilai bahwa kekerasan itu sesungguhnya bisa diendus, sebab ketegangan sudah berlangsung beberapa hari sebelum hari nahas itu. Lihat video kekerasan itu di sini.

Alasan Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23

Mabes Polri bertindak tegas. Hari ini, Brigjen Pol Agus Kusnadi resmi dicopot dari jabatannya sebagai Kepala Polda Propinsi Banten. Diganti  Brigjen Pol Putut Bayuseno.

Dalam pidatonya, Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo, menegaskan bahwa pergantian Kapolda Banten itu dilakukan setelah Mabes Polri mencermati perkembangan situasi di Banten.

"Serah terima jabatan ini juga merupupakan langkah strategis setelah berbagai pertimbangan, khsusunya mencermati perkembangan situasi yang terjadi di lapangan," kata Timur saat memberikan pidato dalam upacara sertijab di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Senin 14 Februari 2011.

Kapolri  juga menegaskan bahwa pergantian dilakukan untuk mencari tahu mengapa aparat bisa kecolongan dalam kasus penyerbuan terhadap Ahmadiyah itu.

Tegas, Ustaz Khalid Basalamah Sebut Anak Perempuan Tak Boleh Beri Nafkah Ke Ayahnya Jika...

"Meskipun tim investigasi sampai saat ini masih  mengkaji secara konprehensif terhadap kasus yang terjadi di wilayah Pandeglang, Provinsi Banten, namun dalam rangka objektivitas dan kejernihan mendudukan masalah, maka kebijakan untuk melakukan mutasi bagi pejabat yang bersangkutan mesti dilakukan," kata dia.

Meski terkait dengan kasus Ahmadiyah, Timur mengatakan bahwa secara umum serah terima jabatan pada hari ini  merupakan kebutuhan organisasi untuk proses penyegaran dalam rangka meningkatkan dinamika operasional kepolisian. "Khususnya dalam rangka menghadapi tantangan tugas yang semakin berat dan kompleks," kata dia.

Selain Agus, beberapa pejabat kepolisian Banten juga dicopot. Pejabat yang dicopot itu diantaranya Direktur Intel Polda Banten dimutasi menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang gadikwa Lemdikpol, Kapolres Pandeglang, AKBP Alex Fauzi Soeseno  dimutasi menjadi Pamen Sops Polri. Posisinya digantikan oleh AKBP Ady Soeseno yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Analis Dit Narkoba Polda Banten.

catatan redaksi

IHSG Hari Ini Diprediksi Kembali Menguat Ditopang Fundamental Ekonomi RI

Penjelasan Kapolda Banten sedang ditulis

Prabowo-Gibran pantau quick count di Istora Senayan, Jakarta,  Rabu (14/02/24)

KPU Sebut Tak Ada Lagi Lembaga Peradilan Bisa Batalkan Kemenangan Prabowo

KPU akan menetapkan pasangan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih periode 2024-2029.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024