Atasi Perbedaan Ajaran, SBY Ajak Dialog

Pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Soal Rekomendasi Tim Delapan
Sumber :
  • Antara/Widodo S Jusuf

VIVAnews -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono malam ini menggelar perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Istana Negara.

Dalam sambutannya, presiden kembali menyerukan dialog untuk mengatasi perbedaan. Termasuk dalam menghadapi ajaran yang dianggap keliru atau menyimpang. "Semua harus kita lakukan secara damai dan bermartabat," kata SBY, Rabu 16 Februari 2011 malam.

Umat muslim juga diajak menggunakan cara-cara yang arif jika timbul pemahaman yang berbeda. "Jika ada pemahaman yang tajam, maka ditempuh dengan dialog. Bangsa ini punya solusi yang tepat menyangkut akidah dan ajaran yang paling asasi, mengapa kita tidak bisa sabar dengan sesama kita," tutur SBY. "Kebenaran tidak dapat ditegakkan dengan ancaman dan kekerasan."

Presiden mengajak umat Muslim untuk menjadikan peringatan Maulid Nabi sebagai momentum toleransi dan kebersamaan. Untuk meniru sikap Nabi Muhammad yang santun tutur katanya. "Tidak hanya pada sahabatnya. Beliau juga tidak pernah merasa paling benar. Beliau menyampaikan risalah dengan  tutur kata yang bersahabat."

"Mari kita tunjukkan kembali jati diri dan redam silang pendapat yang mengedepankan ego masing-masing, jauhkan diri dari sifat iri, dengki, dan paling benar."

Ditambahkan Yudhoyono, negara yang besar ini tidak mungkin tumbuh dan berkembang tanpa adanya kerukunan. Dalam momentum ini, SBY juga menyerukan ajakan pada organisasi masyarakat (ormas) Islam.

"Saya ajak ormas Islam untuk bersama-sama pemerintah menciptakan kehidupan antar umat beragama yang damai, dan penuh toleransi. Mengedepankan persamaan dari pada menperuncing perbedaan." (sj)

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap
Kemenag Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional Tahun 2024

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Peringatan Nuzulul Qur'an tingkat nasional, digelar oleh Kementerian Agama atau Kemenag. Pada tahun 2024 ini, digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024