Kasus Susu, Menkes Punya Kekuatan Paksa IPB

Endang Rahayu Sedyaningsih
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews – Dengan mengacu putusan Mahkamah Agung (MA) terkait kasus susu berbakteri, Menteri Kesehatan Endang Sri Rahayu seharusnya dapat memaksa para peneliti Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk mengumumkan merk susu formula yang terkontaminasi bakteri berbahaya.

Demikian dinyatakan anggota Komisi IX DPR, Riski Sadiq, dalam acara  diskusi bertema Polemik Susu Berbakteri di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu, 19 Februari 2011.

"Kalau misalkan IPB tidak berani karena masalah kebebasan konsumen, mengambil sampel tanpa ijin, dan sebagainya, menurut saya, Menkes punya kekuatan untuk menanyakan, apalagi dengan adanya kekuatan MA, dia bisa memaksa untuk minta hasil penelitian," katanya.

Lalu Sadiq menyinggung Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara DPR, Kementerian Kesehatan dan IPB, baru-baru ini. Saat itu, Endang mengakui sama sekali tak tahu menahu penelitian susu yang terkontaminasi Enterobacter Sakazakii itu. Jadi, Sadiq melanjutkan, satu-satunya pihak yang tahu produk susu ialah peneliti IPB.

Sagil Siswa SD di Jambi yang Miliki Tinggi 2 Meter Bercita-cita Ingin Jadi Anggota TNI

Sadiq menegaskan bahwa Menkes Endang kemungkinan akan dilpanggil lagi ke DPR guna membahas kasus ini. "Sikap kami jelas, kalau hanya sekedar rapat dan hanya membahas, menghabiskan waktu, tidak memberikan jawaban kepada masyarakat. Yang ditunggu-kan merknya ini apa," kata Sadiq.

Sementara itu, seperti dikutip dari putusan MA, majelis hakim yang diketuai oleh Ketua MA, Harifin Tumpa memberikan tiga pertimbangan atas putusannya. Pertama, hasil penelitian ini yang tidak dipublikasikan mengakibatkan keresahan dalam masyarakat karena dapat merugikan konsumen.

Kedua, suatu penelitian yang telah dilakukan yang menyangkut suatu kepentingan masyarakat harus dipublikasikan agar masyarakat lebih waspada. Dan ketiga, tindakan tidak mengumumkan hasil penelitian adalah merupakan tindakan yang tidak hati-hati yang dilakukan tergugat (Menkes, IPB dan BPOM).

Skutik Yamaha Grand Filano dan Yamah Fazzio

Daftar Lengkap Harga Motor Matic Yamaha per Mei 2024, Berapa Nmax dan Aerox?

Yamaha menjadi salah satu merek yang juga banyak diincar masyarakat untuk motor matic. Ada beberapa segmen yang ditawarkan oleh Yamaha seperti skutik model classy & maxi.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024