Nasib Susno di Kepolisian Tergantung Vonis

Pansus Century Panggil Susno Duadji
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Pengamat militer dan kepolisian, Hermawan Sulistyo mengatakan Komisaris Jenderal (Pol) Susno Duadji masih berhak berdinas di Markas Besar (Mabes) Polri. Sampai saat ini dia belum dipecat dari Mabes Polri, walau pernah menjalani masa penahanan akibat kasus pidana. "Dia masih dinas aktif," kata Hermawan di Jakarta, Minggu 20 Februari 2011.

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Borneo FC

Hermawan menuturkan, sesuai aturan dalam kepolisian, Susno belum melewati sidang kode etik, karena masih menjalani sidang kasus pidananya terlebih dahulu. "Polisi tak bisa memproses sebelum pidananya selesai," ujarnya.

Kata Hermawan, dengan demikian, nasib Susno di kepolisian tergantung vonis pengadilan. Jika Susno terkena vonis di atas tiga bulan, ia akan dibawa ke sidang kode etik. Pemecatan sebagai anggota kepolisian pun dilakukan di sidang tersebut. "Tapi kalau di bawah tiga bulan, dia dinas sampai pensiun," kata Hermawan.

Hermawan juga mengatakan, jika Susno kembali berkantor, itu tidak akan mempengaruhi suasana psikologis di Mabes Polri. "Apa karena dia bintang tiga? Urusannya kan sama Irwasum (Inspektur Pengawasan Umum)," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Susno yang ditahan terkait kasus gratifikasi PT SAL, dan korupsi dana pengamanan pemilihan Gubernur Jabar 2008 bebas demi hukum sebelum pembacaan vonis pengadilan dari majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Namun demikian, Susno diminta tetap mengikuti persidangan kasusnya hingga vonis hakim dibacakan.

Sosok Abu Shujaa, Komandan Perang Al Quds yang 'Bangkit' dari Kematian

Sesaat setelah dibebaskan, Susno mengaku akan berkantor lagi di Mabes Polri. Ia juga akan menemui Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo. "Mabes itu kantor saya. Saya masih ngantor di sana," kata dia Jumat dini hari, 18 Februari 2011.

Ilustrasi game changer.

Proyek Ini jadi 'Game Changer'

Game changer merupakan istilah yang mengacu pada perubahan atau inovasi yang mendasar dalam industri atau pasar yang mengubah dinamika yang ada dan ciptakan standar baru.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024