Tokoh Kecam Kekerasan Atas Nama Agama

Cuplikan video penyerangan jemaah Ahmadiyah
Sumber :
  • dok. Ahmadiyah

VIVAnews - Tokoh ulama dan akademisi menggelar pernyataan sikap menyusul berbagai kekerasan yang mengatasnamakan agama. Dalam acara ini, para tokoh menyatakan agama bukan sumber perpecahan, justru membawa damai.

Berdasarkan dalil agama dan logika, para tokoh menilai, perbedaan agama dan pandangan keagamaan adalah sebuah keniscayaan yang harus dikelola dengan baik. "Jika dikelola dengan baik dapat menjadi rahmat dan memberi kemudahan bagi pemeluk agama, bukan sumber konflik dan perpecahan. Agama datang untuk membawa misi damai dan kasih sayang," kata Huzaimah T Yanggo saat membaca pernyataan sikap para akademisi dan ulama di Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Rabu 23 Februari 2011.

Dalam pernyataan sikap ini hadir pula M Quraish Shihab, Jimly Asshiddiqie, Komaruddin Hidayat, Din Syamsuddin, Umar Shihab, M.K Tadjudin, Nasaruddin Umar, M Yunan Yusuf, A Tib Raya, Hidayat Nur Wahid, dan Ahsin Sakho Muhammad.

Huzaimah menambahkan semua pihak hendaknya menahan diri jika ada perbedaan dan tidak menggunakan kekerasan sebagai penyelesaian. "Kemungkaran tidak boleh dihilangkan dengan kemungkaran," tandasnya.

Sementara itu, menurut Quraish Shihab, orang beragama itu berdasarkan emosi dan hatinya. Agama berbeda dengan ilmu di mana ilmu dasarnya adalah akal. "Karena itu dengan mudah seseorang akan meninggalkan pendapat ilmiahnya. Tapi agama itu emosi tidak mudah orang meninggalkan agamanya sekaligus orang cepat tersinggung," jelasnya.

Ia pun mengharapkan pemerintah tidak hanya mengungkap akibat yang muncul dari kasus yang mengatasnamakan agama tapiĀ  harus mampu membenahi akar permasalahan.

Terkait kekerasan yang menimpa warga Ahmadiyah, Minggu 6 Februari lalu, Quraish sepakat dengan pemerintah untuk menerapkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri tentang Ahmadiyah. (sj)

Heboh Aksi Pedagang Buang Puluhan Ton Buah Pepaya, Ternyata Ini Penyebabnya
Pintu rumah dengan warna merah terang

Bosan Pintu Cokelat? Coba 4 Warna Cerah Ini Biar Rumah Makin Aesthetic

Warna pintu rumah adalah hal yang akan dilihat pertama kali oleh orang yang berkunjung. Oleh karenanya, pintu rumah harus memberikan kesan yang baik dan eye-catching.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024