Tidak Benar Ada Rivalitas Timur dan Nanan

Polri: Nanan Sukarna
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Komisaris Jenderal Pol Nanan Sukarna ditunjuk sebagai Wakil Kepala Kapolri. Nanan akan dilantik Selasa besok, 1 Maret 2011. Nanan akan menggantikan Komjen Pol Jusuf Manggabarani yang memasuki masa pensiun.

Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Ronny Lihawa menegaskan bahwa pelantikan Nananmenjadi Wakapolri  itu haruslah disambut baik. Ronny optimis dengan menunjuk Nanan ke posisi itu, pembenahan internal di Mabes Polri dapat berjalan baik.

Pengalaman panjang yang dilalui Nanan, lama di reserse juga sangat berguna untuk mengungkap sejumlah kasus yang melibatkan oknum polisi. Terutama kasus-kasus yang melibatkan oknum polisi, seperti dalam kasus Gayus Tambunan.

"Ini bagus sekali. Apalagi Pak Nanan pernah menjadi  Inspektur Pengawasan Umum, untuk mengawasi pasti lebih mengerti," kata Ronny saat dihubungi VIVAnews, Senin, 28 Februari 2011.

Ronny juga mengatakan bahwa  Nanan bisa bekerja sama dengan Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo.  Sebab keduanya sudah lama berkawan. Nanan dan Timur sama-sama lulusan Akademi Polisi tahun 1978. "Saya kira beliau sangat dekat dengan Kapolri, berkawan sangat baik. Pasti akan sangat solid dan kompak," ucap Ronny.

Ronny juga membantah ada rivalitas antara Nanan dengan Timur, akibat pemilihan Kapolri beberapa waktu lalu. "Tidak benar kabar kalau mereka berjarak," tutur dia.

Wakil Kepala Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Untung Yoga Ana mengatakan bahwa Nanan menjadi Wakapolri berdasarkan surat STR/159/II/2011.  Sebelum menjadi Wakapolri, Nanan menjabat sebagai Irwasum sejak awal tahun 2010. 

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode
Pemain Timnas Indonesia U-23

Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick

Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick menilai kemenangan atas Timnas Korea Selatan U-23 adalah buah kinerja tim.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024