Jusuf Manggabarani Luncurkan Buku Biografi

Pelantikan Wakapolri
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Di malam terakhir puncak karirnya di Kepolisian, Komisaris Jenderal Jusuf Manggabarani meluncurkan buku biografi yang berjudul "Jusuf Manggabarani, Cahaya Bhayangkara." Besok, Jusuf Manggabarani akan menyerahkan tongkat Wakil Kepala Kepolisian kepada Komisaris Jenderal Nanan Soekarna.

Buku biografi yang ditulis Nur Iskandar ini diluncurkan di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Senin 28 Februari 2011. Di jajaran tamu hadir mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Bambang Trihatmojo, Nanan dan sejumlah tokoh Sulawesi Selatan, daerah asal Jusuf.

Buku setebal 444 halaman ini berisi riwayat hidup dan cerita 38 tahun pengalaman Jusuf berdinas di kepolisian. Buku bersampul foto Jusuf dan berwarna dasar hitam ini diterbitkan Tribun Borneo.

"Dari dulu banyak yang meminta saya menuliskan riawayat hidup," kata Jusuf memberi pengantar atas buku itu. Namun Jusuf mengaku tak mau karena takut dikira riya' atau sombong.

"Tapi akhirnya saya bilang, oke, saya hanya kasih jalur," katanya. Adalah Nur Iskandar, seorang jurnalis, yang membuat Jusuf luluh hatinya dituliskan kisah hidupnya.

"Buku ini hanya disusun dalam waktu satu bulan 4 hari," kata Jusuf. "Jadi, mohon maaf jika dalam buku tersebut ada yang kurang berkenan. Kami tak bermaksud menyatakan yang terbaik, tapi ya cukup baik."

Tak lupa, sebelum mengakhiri pengantarnya, Jusuf mengucapkan terima kasih kepada senior, rekan dan anak buahnya.

Sementara penulis buku, Nur Iskandar, menyatakan tertarik membukukan Jusuf karena melihat sosoknya yang menarik. "Buku ini semacam rasa syukur 38 tahun pengabdian Jusuf Manggabarani," kata Nur. "Sebagai bahan pemikiran dari zaman ke zaman nantinya."

"Semoga membuat mereka yang belum mengenal Puang, menjadi kenal dengan beliau," kata Nur.

Apple Kirim Peringatan ke 92 Negara
PLTA Saguling yang dikelola PLN Indonesia Power.

Intip Keandalan Pembangkit Listrik EBT PLN Indonesia Power saat Lebaran 2024

PLN Indonesia Power (PLN IP) memastikan Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Saguling sebagai salah satu pembangkit energi baru dan terbarukan (EBT) tetap andal saat Lebaran.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024