Susno Hadiri Upacara Pelantikan Wakapolri

Pansus Century Panggil Susno Duadji
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Mantan Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri, Komisaris Jenderal Polisi Susno Duadji menghadiri pelantikan Wakil Kapolri Komisaris Jenderal Polisi Pol. Nanan Sukarna. Terdakwa kasus korupsi dana pengamanan pemilihan gubernur Jawa Barat 2008 itu hadir pelantikan setelah bebas dari tahanan demi hukum.

Menurut pengamatan VIVAnews, dalam acara pelantikan yang digelar di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Selasa 1 Maret 2011, Susno berdiri di barisan jenderal bintang tiga Mabes Polri.

Selain Susno, tampak juga jenderal bintang tiga lainnya, seperti Kabareskrim Komisaris Jenderal Polisi Ito Sumardi, Kepala Lembaga Pendidikan Polisi Komisaris Jenderal Polisi Imam Sudjarwo, Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Komisaris Jenderal Polisi Fajar Prihantoro, Kepala Badan Intelijen Keamanan Komisaris Jenderal Polisi Wahyono. Susno, berdiri di depan Ito Sumardi dengan mengenakan seragam lengkap.

Sebelum tersangkut kasus, nama Susno sendiri sempat disebut-sebut sebagai calon kuat Kapolri. Namun, karir Susno terhenti setelah dicopot dari jabatannya sebagai Kabareskrim. Susno yang membongkar praktik mafia hukum Gayus Tambunan di Mabes Polri ini bahkan terjerat kasus hukum.

Susno didakwa melakukan korupsi dana pengamanan Pilgub Jabar tahun 2008. Selain itu, Susno juga didakwa menerima gratifikasi dalam pengusutan perkara PT Salmah Arowana Lestari. Jaksa Penuntut Umum pun menuntut Susno tujuh tahun penjara.

Pada 18 Februari yang lalu, Susno bebas demi hukum dari tahanan karena masa tahanannya telah habis sebelum pembacaan putusan hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Namun demikian, Susno masih diharuskan menjalani persidangannya hingga palu hakim diketok untuk putusan perkara dia.

Upacara serah terima jabatan Wakil Kapolri dari Komisaris Jenderal Jusuf Manggabarani ke Nanan Sukarna ini dipimpin langsung Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo.

Dalam sambutannya, Timur mengatakan pergantian di jajaran Polri merupakan hal yang wajar. "Oleh karena itu melalui proses sertijab saya mengharapkan agar keselarasan dan kesinambungan di organisasi tetap terpelihara," kata Timur saat memberikan amanat. (umi)

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak
Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024