Pembunuhan Wartawan Sun TV

Hari Ini, Jaksa Agung Bertemu Dewan Pers

Foto kontributor SunTV Ridwan Salamun
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Jaksa Agung Basrief Arief akan bertemu dengan Dewan Pers, hari ini di Kejaksaan Agung untuk membahas kasus pembunuhan wartawan Sun TV Ridwan Salamun. Dalam kasus ini, Kejaksaan dan Dewan Pers berbeda pendapat soal kapasitas Ridwan dalam rusuh di Tual, Maluku.

"Hari ini kami akan bertemu dengan Dewan Pers," kata Jaksa Agung Basrief Arief di Jakarta, Jumat 4 Maret 2011. Namun, Basrief tidak menjelaskan lebih detail mengenai agenda pertemuan itu.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Nur Rochmad menjelaskan pertemuan itu akan digelar pukul 15.00 WIB. "Apa hasil pertemuan ini, nanti kita lihat setelah pertemuannya," kata dia.

Sebelumnya, Dewan Pers memastikan koresponden Sun TV di Tual itu tewas terbunuh saat melakukan tugas jurnalistik. Dewan Pers menyatakan kesimpulan ini terlihat dari video yang tak menunjukkan Ridwan membawa senjata tajam.

Hal ini berseberangan dengan pendapat Kejaksaan. Sebelumnya Basrief mengatakan bahwa Ridwan menjadi salah seorang penyerang saat terjadi keributan antara Desa Banda Ely dengan Siditan. Kejaksaan menduga Ridwan sedang tidak menjalankan tugas sebagai wartawan.

"Ketika melakukan penyerangan, kebetulan Ridwan membawa senjata tajam berupa parang. Diseranglah terdakwa sampai ada luka serius dan dapat jahitan lebih dari seratus dan jadi luka permanen," ucap Basrief pada Rabu pagi.

Dewan Pers akan menyerahkan bukti berupa rekaman video sebagai bukti ke kejaksaan. Hal ini merupakan buntut dari tuntutan yang dijeratkan jaksa ke terdakwa pembunuh Ridwan, hanya 8 bulan penjara. Dewan Pers menyesalkan tuntutan ringan yang diajukan Jaksa dalam sebuah kasus pembunuhan. Tuntutan ini dinilai tidak memenuhi rasa keadilan masyarakat, apalagi kejadian ini juga memiliki bukti kuat berupa rekaman. (sj)

Daftar Harga Terbaru Motor Matic Honda per Mei 2024, Termurah Rp18 Jutaan

Laporan: Nila Krisna Yunika PK

tvOne Fight Night Show

Selebritis Perempuan Naik Ring Tinju, Amankah bagi Wajah dan Hasil Operasi Plastik?

Marak selebritis perempuan berani naik ring tinju. Mereka mengambil risiko akan rusaknya wajah atau hasil operasi plastiknya. Bagaimana cara membuatnya menjadi aman?

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024