Libya Bergolak

Pekan Depan, Evakuasi WNI Tahap Tiga

Perang saudara di Libya
Sumber :
  • AP Photo/ Hussein Malla

VIVAnews -- Aksi demonstrasi yang menuntut turunnya pemimpin Libya, Muammar Khadafi telah berubah bentuk menjadi perang sipil. Pasukan pemberontak dan tentara pro rezim saling berhadapan. Wilayah Libya bak medan perang.

Ribuan warga asing berbondong-bondong meninggalkan Libya. melalui jalur udara maupun jalur darat ke wilayah Libya. Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan WNI yang ada di sana dalam dua tahap.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Kusuma Habir mengatakan,  di tahap pertama ada 253 warga Indonesia yang dievakuasi. Sementara dalam tahap dua ada 216 WNI. "Untuk tahap tiga diperkirakan pekan depan, namun kami belum mengetahui kapan tanggal pastinya," kata Kusuma Habir saat dihubungi VIVAnews, Sabtu 5 Maret 2011.

Dalam evakuasi tahap ketiga, tambah dia, diperkirakan setidaknya 200 WNI dievakuasi dari Libya. Saat ini, tambah dia, KBRI di Libya masih mengatur keberangkatan. "Kita pantau terus kebutuhan untuk memfasilitasi kepulangan WNI di Libya," tambah dia.

Untuk diketahui, diperkirakan ada 875 WNI yang ada di Libya. Hingga kini ada sekitar 400 orang yang masih berada di tengah gejolak.

Menurut Kusuma Habir, meski evakuasi direncanakan dilakukan dalam tiga tahap, pemerintah masih membuka peluang evakuasi. "Kalau masih ada WNI yang mendaftar untuk pulang ke Indonesia, kami masih ada kemungkinan melakukan evakuasi tahap empat. Itu akan dilakukan kondisional," tambah dia.

Situasi di Libya tak hanya membahayakan bagi kelompok antirezim. Juga untuk warga asing. Sebuah pesan pendek (SMS) dikirimkan sebuah perusahaan  telekomunikasi Libya. Isinya, mengajak warga Libya menyerang  warga asing. SMS itu juga menuduh warga asing 'menabur masalah'  dan 'merusak' negara itu.

Seorang warga Mesir yang mengungsi dari Libya ke Bandara Djerba, di selatan tunisia menunjukkan isi SMS dalam telepon genggamnya itu. Pesan pendek itu diterima pada 19 Februari, berbahasa Arab, dan menuduh warga asing merencanakan aksi melawan Libya.

Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian
Ilustrasi diskon atau sale.

5 Promo Hari Kartini, Ada Minyak Goreng 2 Liter Cuma Rp30 Ribuan

Memperingati Hari Kartini, sejumlah brand-brand kenamaan memberikan promo menarik. Apa saja promo tersebut?

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024