KPK Kesulitan Tembus Benteng Koruptor

Busyro Muqoddas
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Busyro Muqoddas, mengatakan masih banyak koruptor yang belum terjamah. Sementara kasus yang sudah mengemuka seringkali tidak terungkap tuntas.

Menurutnya, itu terjadi lantaran pelaku korupsi skala besar umumnya sekelompok orang yang memiliki kekuatan politik tertentu. Kondisi ini membuat KPK sulit mengumpulkan data dan fakta.

"Maaf saya tidak bisa menyebutkan namanya, sebagian parpol atau ormas itu mainnya sangat sistemik sekali. Seperti benteng, bangunannya sangat kokoh," kata Busyro, dalam diskusi bersama BEM Universitas Muhammadiyah se-Indonesia, Senin, 7 Maret 2011.

Dalam diskusi itu, Busyro juga menyampaikan kritik atas rencana DPR merevisi Undang-Undang Nomor 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi. "Undang-Undang KPK sudah memadai, kalau direvisi anggarannya saja yang harus diperkuat."

Bahkan, saat ini kata Busyro, KPK sudah memobilisasi dukungan dari civil society untuk menolak rencana DPR merevisi UU KPK. "Mudah-mudahan ini didengar elit politik agar upaya revisi UU ditinjau kembali. Jangan-jangan nanti malah kontra produktif. Sehingga kalau  mau melemahkan KPK, berpikir ulang seribu kali lah," kata Busyro.

Geger Penemuan Fosil Ular Lebihi Ukuran T-rex, Begini Bentuknya

Laporan: Erick Tandjung| Yogyakarta

Ilustrasi kiamat.

Terkuak 5 Kejadian yang Terjadi di Dunia Dikaitkan Ketakutan soal Kiamat

 Kiamat merupakan peristiwa hancurnya kehidupan alam semesta. Kiamat adalah sesuatu yang diyakini dan disepakati oleh ilmu pengetahuan maupun agama. Tak ada satupun tahu

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024