Wiranto Buat Buku Pengalaman Bersama Soeharto

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto.
Sumber :
  • VivaNews/ Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Ketua Umum Hanura Wiranto meluncurkan buku berjudul '7 Tahun Menggali Pemikiran dan Tindakan Pak Harto'. Buku setebal 524 halaman itu merupakan rekaman dialog selama tujuh tahun (1991-1997) ketika Wiranto menjadi ajudan presiden kedua RI itu.

Wiranto bertutur, ketika menjadi ajudan presiden, dia diberi kesempatan berdialog. "Dulu jadi ajudan, setiap hari jumat selama 7 tahun saya menampung berbagai pengalaman dan pemikiran Pak Harto lewat tanya jawab yang sangat intens dan direkam dengan lingkup permasalahan yang sangat beragam dan luas," kata Wiranto di ruang Fraksi Hanura, Kamis 10 Maret 2011. "Kaset-kaset rekaman itu ditranskrip oleh tim."

Menurut Wiranto, buku itu sebenarnya sudah selesai penyusunanya sepuluh tahun lalu. "Awalnya akan saya pakai sendiri sebagai referensi. Tetapi kemudian, saya ingat amanat Pak Harto agar direkam disebarluaskan," katanya.

"Dari tanya jawab itu saya bukukan ini. Ada soal ideologi, hankam, ekonomi, ada semua. Ini berguna sekali, ilmu seorang presiden dibukukan," imbuhnya.

Menurut dia, penulisan buku itu tidak untuk mengkultuskan Suharto apalagi untuk mengembalikan orde baru. "Tujuan kami semata ingin melaksanakan amanat, barangkali berguna untuk generasi akan datang," katanya.

Buku itu dibagi dalam delapan bab, yakni politik, perekonomian nasional, masalah kerjasama internasional, industri dan teknologi, pertanian, kesejahteraan rakyat, lingkungan hidup, dan pribadi.

Buku itu akan diluncurkan besok malam di Hotel Sahid Jakarta. Pembedah antara lain BJ Habibie, Quraish Shihab, Eep Saifullah Fatah. "Kabinet Indonesia bersatu dan mantan menteri orde baru diundang, sekaligus bernostalgia," kata Wiranto.

Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram
Ilustrasi: Polisi di lokasi kecelakaan.

Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL

Dalam peristiwa kecelakaan pengemudi mobil sedan yang menabrak pemotor dan PKL terdapat satu orang meninggal dunia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024