Ada 414 WNI di Pusat Tsunami Jepang

Tsunami hantam Jepang
Sumber :
  • AP Photo/NHK TV

VIVAnews - Kementerian Luar Negeri Indonesia belum mengetahui nasib warga negara Indonesia yang berada di Jepang, terutama di lokasi pusat gempa dan tsunami, Miyagi. Pemerintah Indonesia masih terus berupaya melakukan komunikasi yang sangat terbatas itu.

Prabowo Berkelakar Singgung Senyuman Berat, Anies: Kan Beliau yang Alami, Kita Biasa Aja

"Bencana paling parah ada di Iwate, Ibu Kota Miyagi. Di Iwate itu sendiri warga negara Indonesia berjumlah 414 orang," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri, Michael Tene, dalam perbincangan dengan VIVAnews.com, Jumat 11 Maret 2011.

Menurut Michael, saat ini komunikasi yang dilakukan dari Jakarta ke Jepang hanya bisa melalui Tokyo lewat hotline khusus. Komunikasi dari Jakarta ke daerah lain tidak bisa dilakukan.  "Sehingga belum diketahui berapa banyak bantuan yang dibutuhkan," kata Michael.

Menurut kantor berita Associated Press, gempa mulai terasa pada pukul 14.46 waktu setempat. Sekitar 30 menit kemudian, terjadi gempa susulan berkekuatan 7,4 SR. Badan Survei Geologi AS menilai bahwa gempa pertama berkekuatan 8,9 SR.

Badan Meteorologi Jepang kemudian mengeluarkan peringatan tsunami di seluruh pesisir timur Jepang, yang menghadapi Samudera Pasifik. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di Hawaii menyatakan bahwa peringatan tsunami juga berlaku di Rusia, Pulau Marcus, dan Kepulauan Mariana.

Peringatan waspada tsunami juga dikeluarkan untuk Guam, Taiwan, Filipina, Indonesia, dan negara bagian Hawaii, AS. Penduduk ibukota Jepang, juga merasakan guncangan gempa.


Laporan: Harwanto Bimo Pratomo

Mahfud MD Jelaskan Alasan Tak Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres di KPU
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pekerjaan rumah bidang kesehatan di Indonesia diantaranya penanganan stunting. Menurut dia, angka stunting memang saat ini sudah

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024