Tsunami, Pemilik Diimbau Sandarkan Kapal

Tsunami hantam Jepang
Sumber :
  • AP Photo/NHK TV

VIVAnews - Ketua Pusat Studi Bencana dan Kegunungapian Institut Teknologi 10 November (ITS) Surabaya, Amin Widodo mengingatkan kepada pemilik kapal di Indonesia mewaspadai dampak tsunami yang menerjang Jepang.

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Korea Selatan vs Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

"Untuk itu, kapal-kapal sebaiknya bersandar atau diikat dengan kuat," kata Amin saat dihubungi di Surabaya, Jumat 11 Maret 2011.

"Yang perlu diwaspadai adanya gelombang susulan. Meski tidak sekuat seperti yang menerjang wilayah Jepang dimungkinkan kekuatan gelombang setinggi 1 sampai 2 meter akan terasa hingga di perairan Indonesia," imbuhnya.

Ditegaskan, hempasan gelombang kuat dampak dari tsunami Jepang itu masih mempunyai kekuatan dahsyat. Bahkan, bisa menghempaskan kapal dari laut ke daratan.

Terkait itu pihaknya memberikan apresiasi agar Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan waspada untuk pelaku pelayaran di Indonesia. Laporan: Tudji Martudji | Surabaya (adi)

Telingaan Aruu khas Suku Dayak

4 Kebiasaan Unik Suku Dayak, Dari Telingaan Aruu hingga Panggil Arwah Leluhur

Suku Dayak, salah satu suku asli Kalimantan, menyimpan kekayaan budaya yang menarik untuk ditelusuri. Bukan hanya Tak hanya tarian hudoq dan kancet papatai yang terkenal.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024