Status Gunung Karangetang Naik Jadi 'Siaga'

Gunung Karangetang, Sulawesi Utara
Sumber :
  • bnpg.go.id

VIVAnews - Aktivitas Gunung Karangetang di Sulawesi Utara meningkat drastis. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Departemen ESDM menyatakan gunung yang dikenal dengan nama Gunung Api Siau itu kini berstatus 'siaga'.

"Aktivitasnya meningkat mulai pukul 17.30 WITA, naik dari waspada ke siaga," kata Kepala PVMBG Surono saat dihubungi VIVAnews, Jumat, 11 Maret 2011.

Peningkatan ini terlihat dari gejala bahwa dalam kurun waktu 1-9 Maret terjadi 40 kali gempa vulkanik dalam, 73 kali gempa vulkanik dangkal. Pada 10 Maret juga terjadi 53 kali gempa vulkanik dalam.

PVMBG juga mencatat terjadi lima kali gempa guguran kubah lava. Selain itu, terpantau pula asap setinggi 300 meter yang keluar dari gunung itu.

Gunung Karangetang ini terletak di bagian utara Sulawesi Utara, tepatnya di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro. Gunung Karangetang adalah salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia dengan letusan sebanyak lebih dari 40 kali sejak 1675 serta banyak letusan kecil yang tidak terdokumentasi pada catatan sejarah.

Di tahun 1997 silam, letusan gunung Karangetang menewaskan tiga orang dan memaksa pemerintah untuk mengevakuasi penduduk di sekitar gunung. (kd)

Aliando Sebut Prilly Latuconsina Mantan Terindah, Ada Penolakan Main Film Bareng?
Direktur Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak

Galih Loss sudah Minta Maaf soal Video 'Serigala', Polisi beri Jawaban Menohok

Meski TikToker Galih Loss minta maaf atas konten berbau penodaan agama yang dibuat, polisi menegaskan proses hukum terhadap apa yang dilakukan Galih tetap berlanjut.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024