Tsunami Jepang Tidak Sampai ke Pulau Jawa

Tsunami hantam Jepang
Sumber :
  • AP Photo/NHK TV

VIVAnews - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda, Surabaya menyampaikan tsunami yang menyapu Jepang tidak berdampak sampai Pulau Jawa. Tsunami hanya berdampak pada Indonesia bagian timur.

"Untuk Pulau Jawa dipastikan aman. Selain jaraknya dengan Jepang sangat jauh, juga terhalang banyaknya hamparan pulau," kata Prakirawan BMKG Juanda Surabaya, Teguh Tri Susanto, Jumat 11 Maret 2011.

Teguh menjelaskan, tsunami Jepang akan berdampak pada sejumlah wilayah di Indonesia bagian timur. Di antaranya wilayah Papua Utara, Sulawesi Utara, Maluku Utara dan sejumlah wilayah terdekatnya.

Teguh menjelaskan, sejumlah wilayah di bagian timur yang terimbas yakni Sorong, Jayapura, Manokwari, dan Biak. "Prakiraannya sekitar pukul 18.00 WIB," lanjutnya.

Namun, masyarakat diminta tidak panik. Karena hempasan gelombang perairan akibat pengaruh tsunami di kawasan tersebut tidak besar. Itu karena jarak antara Jepang dan wilayah Indonesia sangat jauh.

Selain itu, Teguh juga menyatakan bahwa jalur pelayaran dan penerbangan dari dan ke Surabaya kondusif. "Untuk pelayaran dan penerbangan di wilayah Jatim hingga saat ini masih kondusif. Namun, masyarakat dihimbau untuk tetap waspada, terkait adanya hujan lebat dan badai yang melanda sebagian besar wilayah di Jatim," ujarnya. (adi)

Laporan: Tudji Martudji | Surabaya

Inspirasi Membantu Sesama
Timnas Indonesia U-23

Prediksi Piala Asia U-23: Yordania vs Timnas Indonesia

Duel Yordania vs Timnas Indonesia dalam lanjutan Piala Asia U-23 Grup A matchday ketiga di Stadion Abdullah Bin Nasser, Minggu 21 April 2024, pukul 22.30 WIB.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024