Polri:

Saksi Ba'asyir Telekonferensi Biar Efektif

Abu Bakar Ba'asyir: Sidang Perdana
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Tiga dari enam saksi terdakwa terorisme Abu Bakar Ba'asyir akan memberikan keterangan di luar ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Tiga saksi ini telah mengajukan permintaan telekonferensi dan bersaksi dari Rumah Tahanan Brimob.

"Biar efektif dan efisien," kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Anton Bahrul Alam menanggapi mekanisme pemberian kesaksian di sidang Ba'asyir, Senin 14 Maret 2011.

Ketiga saksi, kata dia, akan didampangi jaksa selama menberikan kesaksian. Anton pun menjamin saksi tidak berada di bawah tekanan.

Menolak pemeriksaan dengan cara telekonferensi, tim pengacara Ba'asyir walk out dari ruang sidang. Aksi ini kemudian diikuti Ba'asyir yang tidak mau disidang tanpa pengacaranya.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League

Sebelumnya, kubu Ba'asyir menolak mekanisme pemeriksaan telekonferensi karena mereka menilai cara ini sarat rekayasa. Mereka menduga saksi akan berada di bawah tekanan jika tidak dihadirkan di ruang sidang.

Walau tanpa terdakwa Abu Bakar Ba'asyir dan kuasa hukumnya, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan tetap melanjutkan sidang.

"Berdasarkan pasal 153 KUHP, maka sidang tetap akan dilanjutkan tanpa tersangka," kata Ketua Majelis Hakim Heri Swantoro.

Hakim Geram ke Saksi di Sidang Korupsi Tol MBZ: Proyek Triliunan Gini kok Main-main

Laporan: Yohanes Wahyu

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin.(dok Pemprov Sumut)

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Kejuaraan North Sumatera Amateur Open (NSAO) 2024, kembali digelar oleh Persatuan Golf Indonesia (PGI) Sumut. Peserta berasal dari Indonesia, Malaysia, Vietnam, Filipina,

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024