Indonesia Kirim Tim Bantuan ke Jepang

Tsunami hantam Jepang
Sumber :
  • AP Photo/ Kyodo News

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan belasungkawa  atas bencana gempa dan tsunami yang menimpa Jepang. Belasungkawa juga diucapkan atas nama bangsa Indonesia.

"Kami pun sangat memahami apa yang dirasakan oleh bangsa Jepang," kata Presiden, di Istana Bogor, Senin 14 Maret 2011. Bencana tersebut, kata Presiden, pernah dialami bangsa Indonesia ketika tsunami menimpa Aceh tahun 2004 lalu.

SBY pun mengatakan Indonesia menyiapkan satu kontingen untuk diberangkatkan ke Jepang."Kami komunikasi dengan pemerintah Jepang tiga hari terakhir. Tapi belum mendapat jawaban apa yang Indonesia bisa bantu," ujarnya.

Namun tanpa menunggu jawaban dari pemerintah Jepang Presiden memerintahkan kontingen untuk berangkat."Sudah saya putuskan kemarin, kita berangkatkan saja seperti negara lain mulai datang," ucap SBY.

Presiden juga meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana untuk mengutamakan tim penyelamatan, tim medis, serta perlengkapan logistik.

Selain itu pemerintah juga mengupayakan evakuasi warga Indonesia di Jepang. "Saya ingin bisa diketahui saudara kita semua  yang tinggal di
daerah bencana itu," kata SBY.

Kasus Korupsi Timah, Kejagung Periksa Pegawai Kementerian ESDM
Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Ketua DPRD Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menyoroti persoalan banjir di Jakarta. Padahal, Jakarta punya anggaran untuk mengatasi banjir.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024