Istana Benarkan SBY-Obama Batal Telepon

Lawatan Obama ke Asia: Obama dan SBY
Sumber :
  • AP Photo/Charles Dharapak

VIVAnews - Istana Kepresidenan membenarkan adanya pembatalan rencana komunikasi lewat telepon antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama. Tetapi, Istana enggan menanggapi alasan pembatalan itu karena berita dua media di Australia soal bocoran WikiLeaks.

"Saya kira penjadwalan untuk komunikasi per telepon yang dilakukan Bapak Presiden dengan Kepala Negara adalah hal yang biasa," kata juru bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa 15 Maret 2011.

Menurut Julian, Presiden SBY belum menjadwal ulang kapan komunikasi lewat telepon itu akan dilakukan. Kendati demikian, Julian menekankan bahwa pembatalan itu merupakan hal biasa. Tidak istimewa.

"Tapi memang akan selalu ada perubahan atau penjadwalan ulang dalam pembicaraan telepon langsung," kata Julian. Julian tidak menjawab pasti siapa yang berinisiatif membatalkan komunikasi telepon itu.

Sebelumnya, Sydney Morning Herald (SMH), salah satu harian Australia yang membocorkan dokumen WikiLeaks, Selasa, 15 Maret 2011, mengutip informasi dari salah seorang pejabat Gedung Putih yang tak disebutkan namanya.

Menurut sumber SMH, Obama dijadwalkan menelepon SBY pada Jumat, 11 Maret 2011, sebelum bocoran WikiLeaks diberitakan di headline SMH dan The Age. Namun dibatalkan, ditengarai karena adanya pemberitaan dari kedua harian itu.

Tapi hal itu ditanggapi dingin Julian. "Saya tidak mengomentari soal itu kalau mereka menganalisa atau menyampaikan demikian silakan dikonfirmasi pada mereka," kata Julian.  (umi)

Pilpres Berakhir, Cak Imin Sebut Timnas Amin Akan Dibubarkan Besok Pagi di Rumah Anies
Cak Imin menerima silaturahmi politik DPP PKS ke kantor DPP PKB

PKB dan PKS Sepakati Koalisi di Pilkada Serentak 2024, Khususnya di Jateng dan Jatim

PKS dan PKB menyepakati kerjasama politik untuk berkoalisi di Pilkada serentak 2024. PKS siap memenangkan calon di basis PKB, pun sebaliknya

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024