Sulut Rawan Digoyang Gempa

Gempa 6 SR di Sulawesi Utara
Sumber :
  • BMKG

VIVAnews - Sulawesi Utara merupakan salah satu provinsi yang rawan terjadi bencana alam. Hal ini dikarenakan, wilayah Sulut diapit oleh tiga lempeng tektonik dan enam patahan aktif.

"Realita ini menunjukan bahwa Provinsi Sulawesi Utara merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang rawan terjadi bencana," kata Gubernur Sulut, Sinyo Harry Sarundajang, dalam kegiatan Asean Regional Forum Disaster Relief Exercise (ARF-DiREx) 2011 di Manado, Sulawesi Utara, Selasa 14 Maret 2011.

Sinyo menambahkan, akibat terjadi pergerakan lempeng-lempeng tersebut, maka pada daerah pertemuan lempeng itulah mengakibatkan seringnya gempa bumi di Manado. Karena itu, dia mengakui forum sangat bermanfaat untuk menguji kesiapan Sulut atas penanganan bencana serta merupakan pengujian terhadap sistem dan mekanisme nasional penanganan suatu bencana.

"Serta untuk meningkatkan kemampuan capacity building tim penanganan bencana secara multi nasional. Sekaligus memberikan rekomendasi dan masukan strategi bagi kerjasama ARF dalam penanganan bencana dikawasan," tuturnya.

Forum kerjasama penanggulangan bencana tingkat asia pasifik yang melibatkan 27 negara sahabat ini digelar sejak 14 - 19 Maret 2011. Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Presiden Boediono dan dihadiri oleh sejumlah menteri kabinet Indonesia Bersatu II.

Perdana Jajal Action di Film Horor Marni The Story of Wewe Gombel, Frislly Herlind Rasakan Hal Ini
Satgas pangan polri

Satgas Pangan Polri: Pasar Murah Harus Digencarkan Jelang Lebaran di Kalteng

Tim Satgas Pangan Polri menyarankan agar pasar murah digalakkan di Kalimantan Tengah untuk menjaga stabilisasi harga dan stok bahan pokok penting selama puasa dan lebaran

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024