Indonesia Kirim Tim ke Jepang Malam Ini

Tsunami hantam Jepang
Sumber :
  • AP Photo/Kyodo News

VIVAnews - Pemerintah Indonesia akan mengirimkan Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana untuk ditugaskan di Jepang pasca gempa bumi dan tsunami.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

Tim yang merupakan gabungan dari unsur Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Kementerian Kesehatan, Badan SAR Nasional dan Palang Merah Indonesia tersebut akan diberangkatkan malam ini.

"Pada tahap pertama tim akan dikirim sebanyak 15 orang dan akan bertugas selama dua minggu ke depan," kata Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono, di kantor Menko Kesra, Jakarta, Kamis, 17 Maret 2011.

Selain itu, telah disiapkan juga bantuan berupa 10.000 lembar selimut. Menurut Agung, tim berikutnya akan ditugaskan dan jumlah anggotanya akan disesuaikan dengan kebutuhan di lokasi bencana.

"Di samping itu, guna meringankan penderitaan korban, Pemerintah Indonesia juga telah mengalokasikan anggaran sebesar US$2 Juta, untuk diserahkan kepada pemerintah Jepang," tambah Agung yang juga Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini.

Agung mengharapkan, bantuan ini dapat meringankan beban para korban yang cedera dan membutuhkan pelayanan petugas medis dan pengobatan. Tim juga dikirim untuk dapat membantu penyelamatan dan evakuasi korban dari lokasi bencana ke tempat yang lebih aman.

Tim juga diharapkan dapat menangani korban yang meninggal, pencarian korban yang hilang, maupun membantu penyediaan kebutuhan logistik seperlunya pada masa tanggap darurat.

Komandan tim, Letnan Kolonel Infantri M Sokhir, mengatakan tim yang akan dikirim sudah dilatih dan dibekali pengetahuan dan kemampuan, termasuk perlengkapan untuk menyelamatkan korban yang terkena radiasi nuklir.

Polisi Sebut Kecelakaan Beruntun di GT Halim Libatkan 9 Kendaraan
Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024