Polda Batal Periksa Ulil Abshar Abdalla

Ulil Abshar Abdalla
Sumber :
  • ANTARA

VIVAnews - Polda Metro Jaya hari ini  batal memeriksa aktivis Jaringan Islam Liberal (JIL) Ulil Abshar Abdalla terkait paket buku berisi bom yang diterimanya. "Kemarin memang sudah ada janjian antara penyidik dengan Ulil, ia berjanji akan datang ke Polda untuk dimintai keterangan namun tidak  bisa datang hari ini mungkin ada keperluan lain," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Baharudin Djafar, di Jakarta, Kamis 17 Maret 2011.

Pemeriksaan Ulil, tambah dia, diharapkan bisa mengetahui kaitan pengiriman bom yang ditujukan ke dirinya. "Begitu juga latar belakang lainnya,  apakah sudah mengalami teror maupun ancaman dari seseorang," tambah Baharudin.

Ketua Umum Pemuda Pancasila Japto Suryasumarno dan musisi, Ahmad Dhani juga akan diperiksa. "Saat ini saksi yang diperiksa di empat lokasi bom berjumlah 22 orang," tambah dia.

Polisi, jelas Baharudin, masih mengecek rekaman CCTV Badan Narkotika Nasional (BNN), apakah sempat merekam wajah pengirim paket bom tersebut. Polisi juga sedang mencari tahu apakah pengirim paket tersebut orang yang sama. "Kalau melihat rentang waktu tidak secara serentak, berbeda-beda waktu  pengiriman."

Sketsa wajah kurir berdasarkan keterangan sejumlah saksi akan disebarkan. Namun sketsa itu masih disempurnakan lagi. "Mudah-mudahan hari ini akan disebar sketsanya. Saya cek dulu ke penyidik. Kalau sudah tak terlalu kasar dengan ciri detail akan segera kami sebar luaskan."

Ditambahkan Baharudin, Kapolda Metro Jaya juga masih mengevaluasi koordinasi antar Gegana dengan jajaran Polsek dan Polres setempat. "Jangan sampai terjadi kejadian seperti Kompol Dodi. Evaluasi ini kami akan melihat, siapa yang menghubungi siapa, dan berapa lama tim Gegana sampai ke lokasi," kata dia.

Untuk diketahui, lengan Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Jakarta Timur Komisaris Dodi Rahmawan harus diamputasi karena terkena ledakan saat berusaha menjinakkan bom untuk Ulil di Utan Kayu. Diduga, Doni bertindak karena tim Gegana tak kunjung datang. (adi)

Baca juga: "Jinakkan Bom, Bukan Arahan Gegana"

Harta Kekayaan Elon Musk Lenyap Rp 45 Triliun dalam Sekejap, Ini Penyebabnya
Kim Soo Hyun

Kim Soo Hyun Jalani Pelatihan Tentara Cadangan Jelang Episode Terakhir Queen of Tears

Kim Soo Hyun, aktor terkenal asal Korea Selatan telah mengambil bagian dalam pelatihan tentara cadangan menjelang penayangan episode terakhir drama Queen of Tears.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024