Biaya Kerusakan Banjir Lahar Merapi Rp7,8 M

Banjir lahar dingin menyebabkan jalan Yogyakarta-Magelang putus
Sumber :
  • ANTARA

VIVAnews - Biaya perbaikan berbagai infrastruktur yang rusak akibat banjir lahar dingin Gunung Merapi di bantaran Kali Code, Yogyakarta diperkirakan menelan dana hingga Rp7,8 miliar.

"Total anggaran Rp7,8 miliar. Terdiri atas Rp5 miliar dari Pemprov DIY untuk pembenahan infrastruktur dan Rp2,8 miliar dari Pemkot Yogyakarta untuk perbaikan," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Permukiman, Prasarana dan Sarana Wilayah Yogyakarta, Totok Sutoro, di Yogyakarta, Minggu, 20 Maret 2011.

Totok mengatakan, pemerintah Yogyakarta mengalami kendala dalam melakukan pengerukan material yang memenuhi Kali Code guna mengantisipasi ancaman luapan banjir lahar dingin ketika hujan.

"Kesulitan kami adalah masuknya alat berat ke Kali Code, sehingga hanya tiga bagian yang bisa dimasuki alat berat yang berjumlah tiga unit," ujarnya.

Selain itu, Totok menambahkan, untuk pengerukan material Merapi di sepanjang Kali Code, masih kekurangan alat berat. Untuk itu, pihaknya akan menambah alat berat pada satu lokasi minimal dua unit.

"Untuk akses alat berat masuk Kali Code menelan dana Rp200 juta," tuturnya.

Sementara itu, dari 350 ribu kubik material yang memenuhi Kali Code kiriman dari hulu Merapi, menurut Totok, pihaknya baru berhasil mengeruk 20 persennya. (art)

Sekjen PKS: Selamat Bertugas kepada Pak Prabowo dan Wakilnya

Laporan: Erick Tanjung | Yogyakarta

Prabowo Sarapan Bareng Jokowi di Istana Negara

Jokowi Tegaskan Tidak Bentuk Tim Transisi untuk Prabowo-Gibran, Kecuali Diminta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan tidak akan membentuk tim transisi untuk mempersiapkan peralihan Pemerintahan kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024, Pr

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024