Saksi Ba'asyir Tak Mau Disumpah

Abu Bakar Ba'asyir 6
Sumber :
  • VIVANews/ Tri Saputro

VIVAnews - Jaksa Penuntut Umum kembali menghadirkan saksi untuk terdakwa terorisme, Abu Bakar Ba'asyir secara telekonferensi. Salah satu saksi yang diperiksa hari ini menolak disumpah.

Abu Yusuf mengaku tak masalah bersaksi namun dia menolak bersumpah dengan cara menaruh Al Quran di atas kepalanya. "Karena di agama saya tidak ada sumpah seperti itu," kata saksi Abu Yusuf saat bersaksi telekonferensi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin 21 Maret 2011.

Salah satu hakim anggota, Hari Juantoro berupaya membujuk Abu Yusuf dengan memaparkan dasar hukum sumpah, termasuk sanksi jika tidak melakukannya. Sanksi tersebut berupa sandera selama 14 hari di rumah tahanan. Namun, Yusuf tetap bersikukuh pada pendiriannya.

Jaksa Andi M Taufik pun meminta agar untuk sementara keterangan Abu Yusuf  ditunda, diganti dengan saksi lainnya bernama Muksin. "Saya minta kepada Majelis Hakim agar saksi diganti Muksin," kata Andi.

Majelis Hakim perkara ini pun mengijinkan agar saksi Abu Yusuf ditangguhkan sementara dan diganti oleh Muksin yang juga seorang anggota Jama'ah Anshorut Tauhid (JAT).

Dalam kesaksiannya, Muksin mengaku kenal dengan Ba'asyir yang juga Amir JAT. Dia pun mengaku pernah menerima uang Rp100 juta sebagai sumbangan untuk upaya jihad dari Haryadi Usman.

Lolos Jadi Anggota DPR, Denny Cagur Ungkap Kenangan Haru dengan Almarhumah Ibu

Jaksa menuntut Ba'asyir dengan tuduhan merencanakan dan menggerakkan orang lain untuk melakukan tindak pidana terorisme.

Menurut jaksa, Ba'asyir diduga merencanakan perbuatan itu sejak Februari 2009 hingga Maret 2010. "Diantaranya pelatihan kelompok bersenjata di Aceh dan Hamparan Perak," tambah Jaksa.

Bule Jerman Serang Penjaga Vila di Bali Usai Ditagih Nunggak Sewa 4 Bulan

Setelah kesaksian Muksin ini, Yusuf lantas menyatakan bersedia disumpah. Dalam kesaksiannya, Yusuf mengaku tidak kenal dengan Abu Bakar Ba'asyir. "Saya pun bukan anggota JAT."

Viral Video Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Makeup pengantin adalah tata rias khusus yang dirancang untuk mempercantik dan menyempurnakan penampilan seorang pengantin pada hari pernikahannya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024