Paket Bom Buku

Japto: Saya Tak Curigai Siapapun

Ketua Umum Pemuda Pancasila (PP) Yapto Soeryo Soemarno & Jusuf Kalla
Sumber :
  • Antara/ Saptono

VIVAnews - Ketua Umum Pemuda Pancasila Japto S Soerjosoemarno baru angkat bicara soal paket bom buku yang menyasar ke kediamannya pada Selasa 15 Maret lalu. Japto yang dekat dengan keluarga Cendana itu mengaku tidak ada masalah dengan organisasi yang dipimpinnya.

"Saya jadi target itu tidak ada dasar yang jelas," kata Japto dalam keterangan pers di kantor Pengacara Mahendradatta, Jakarta Selatan, Rabu 23 Maret 2011.

Menurut Japto, sebagai kader bangsa dirinya tidak melihat ada masalah pelik dalam organisasi yang sudah lama dipimpinnya, Pemuda Pancasila. Japto justru merasa lucu bila ada yang menganggap Pancasila sebagai musuh.

"Ini lucu, Pancasila tetap dengan nilai-nilai yang dulu. Saya tidak ada kecurigaan kepada siapapun terutama sahabat-sahabat muslim," kata Japto yang juga ketua umum Partai Patriot ini.

Sementara, pengacara Japto, Mahendradatta masih kebingungan mengapa pelaku menarget Japto sebagai sasaran bom buku. Menurut pengacara yang juga menangani Abu Bakar Ba'asyir ini, bila target itu adalah Ulil Abhsar Abdalla, sebagai aktivis Jaringan Islam Liberal, alasannya masih bisa ditebak.

"Tapi ketika ditujukan kepada Japto, kami jadi bingung. Yang anti-Pancasila tidak ada. Yang ada cuma Poso. Poso sendiri tidak pernah ada wacana mendirikan negara sendiri," kata Mahendradatta.

Maka itu, Mahendradatta mengimbau kepada penegak hukum bila akhirnya berhasil membekuk pelaku, sebaiknya tersangka wajib didampingi penasihat hukum berdasarkan pilihan sendiri. Tujuannya, agar bisa transparan dan tidak diarahkan ke skenario tertentu.

"Kami menduga, ada upaya untuk mengadudomba antara nasionalis dan ormas Islam," kata dia. Seperti diketahui, usai ledakan paket bom di Kawasan utan Kayu, Jakarta Timur, kediaman Japto juga dikirimi paket bom buku. Judul buku dalam paket itu tentang Pancasila.

Iran Bantah Rudal Israel Meledak di Isfahan: Itu Drone yang Ditembak Jatuh
Alvina Elysia Dharmawangsa

Mengenal Sepak Terjang Karier Alvina Elysia, Dirut Perempuan di Anak Perusahaan Pupuk Kaltim

Alvina Elysia Dharmawangsa Mengawali karier di tahun 2008 sebagai staff Process Engineer di pabrik Pupuk Kaltim usai menuntaskan pendidikan tingginya dari jurusan Teknik

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024