SBY Soroti SMS Liar Radiasi Nuklir

Kebakaran di dekat kompleks reaktor nuklir Tokaimura, Jepang
Sumber :
  • AP Photo/NHK TV

VIVAnews - Efek meluasnya radiasi nuklir yang meledak di Jepang menjadi perhatian khusus Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Khususnya dampak terhadap makanan dan kesehatan.

"Saya tidak suka beberapa waktu lalu beredar SMS, mengedarkan berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan seputar radiasi nuklir," kata Presiden, saat membuka sidang kabinet, di Kantor Presiden, Kamis 24 Maret 2011.

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Beberapa hari lalu memang beredar info melalui SMS dan BlackBerry Messenger yang tidak dapat dipertanggungjawabkan alias hoax. Pesan itu antara lain berbunyi:

Just info saja: Sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir di Fukumi, Jepang meledak di 04:30 hari ini. Jika besok hujan atau lambat laun hujan, jangan pergi keluar. Jika Anda berada di luar, pastikan bahwa Anda memiliki pelindung hujan. Ini hujan asam. Jangan biarkan menyentuh Anda. Hujan asam ini  dapat membakar kulit Anda, kehilangan rambut Anda atau kanker. Mohon disebarluaskan, bertindak aman dan jgn menimbulkan kepanikan dan beritahukan kpd semua orang yang Anda tahu (kepada siapa pun yang  tinggal di Indonesia malaysia etc)

5 Promo Hari Kartini, Ada Minyak Goreng 2 Liter Cuma Rp30 Ribuan

Presiden mengatakan, begitu mendengar kabar tersebut, dia langsung memerintahkan pejabat terkait memberikan penjelasan terkait dampak dari radiasi nukilir. "Jangan sampai masyarakat menerima info yang keliru," kata Yudhoyono.

Dalam sidang kabinet, juga dibahas soal rencana pemulangan TKI bermasalah dan warga negara Indonesia yang overstay di Arab Saudi. Kepala Negara menilai pemulangan TKI harus dilakukan dengan langkah yang tepat. "Ini berbeda ketika kami mengevakuasi WNI di Mesir, Tunis, dan Libya," kata dia.

Meski berbeda, kata Presiden, harus dilaksanakan dengan baik. "Oleh karena itu kebijakannya harus tepat, jangan sampai menimbulkan moral hazard," kata dia.

Dia menambahan dalam memulangkan TKI dan WNI overstay di Arab Saudi diperlukan jasa angkutan yang tidak sedikit. "Saya sudah berikan direction awal kepada Menko Kesra," ujarnya.

Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian
Gunakan Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Dump Truk

Kendarai Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Truk 

Rasa senang bisa memiliki sepeda motor baru untuk ke sekolah, justru berbuah petaka dialami Faizal Hadi Winata, seorang pelajar SMA Negeri 2 Brebes, Jawa Tengah.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024