Wapres: Pejabat Jangan Terjebak Administrasi

Boediono dan Gamawan Fauzi
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVAnews - Wakil Presiden Boediono memberikan pengarahan pada sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu jilid II dalam rapat rencana kerja pemerintah dan pagu indikatif tahun 2012 di Istana Bogor.

Selain Netanyahu, Ini Pihak Israel yang Dikabarkan Akan Ditangkap Pengadilan Kriminal Internasional

Dalam kesempatan itu, Boediono meminta semua instansi pemerintah mengubah orientasi pada hasil (outcome).

Pejabat, kata dia, seringkali terjebak dalam perangkap penata buku atau administrasi. Artinya, kata Boediono, "Kami hanya ingin menyelesaikan sesuatu, pokoknya selesai pertanggungjawabannya dengan kuitansi yang lengkap dan anggaran habis."

"Kadang kita masuk input oriented. Apa yang kita keluarkan, selesai anggaran, bersih secara administrasi. Tapi, outcome atau dampaknya setelah itu tak bisa diukur dan kita sudah puas. Ini harus diubah," usai rapat, Selasa 29 Maret 2011. 

Ke depannya, Boediono ingin agar semua instansi menerapkan outcome oriented yang jelas dan terukur.

Selain itu, Boediono pun menggarisbawahi pentingnya monitoring dan evaluasi terpadu. Dia menilai monitoring dan evaluasi saat belum menjadi satu kesatuan sehingga agak sulit memberikan penilaian dan koreksi. "Jika ada penyimpangan terhadap langkah-langkah untuk mencapai outcome." (umi)

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini
“Dr. BRA. Mooryati Soedibyo

Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu Meninggal Dunia

Pendiri Mustika Ratu Mooryati Soedibyo meninggal dunia pada Rabu, 24 April 2024. Beliau meninggal pada dini hari, tepatnya pukul 01.00 WIB di usia 96 tahun. 

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024