138 CCTV Dipasang di Daerah Rawan Kriminal

Pemasangan CCTV pemantau lalu lintas
Sumber :
  • Antara/ Ari Bowo Sucipto

VIVAnews - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur sedikitnya telah memasang 138 unit Closed Circuit Television (CCTV) Region Traffic Management Centre (RTMC) di berbagai titik di sejumlah daerah. Jumlah itu dipastikan akan terus bertambah sesuai dengan kondisi dan perkembangannya.

"Sebanyak 138 unit CCTV telah disebar ke seluruh titik di beberapa daerah di Jawa Timur," kata Direktur Lalu-Lintas (Dirlantas) Polda Jatim, Kombes Pol Sam Budigusdian, Rabu, 30 Maret 2011.

Sejumlah tempat dan ruas jalan yang menjadi 'intaian' CCTV RTMC utamanya kawasan yang dinilai rawan kecelakaan lalu lintas, tindak kriminal, serta tempat-tempat perputaran perekonomian. Bahkan, 8 unit mobil CCTV telah disiapkan untuk memantau situasi secara berkeliling. Termasuk bergerak ke lokasi tempat kejadian perkara (TKP) saat terjadi kecelekaan, tindak kriminalitas atau unjuk rasa.

"Untuk Kota Surabaya, sebanyak 70 titik yang sudah kami pasang CCTV. Dan, daerah-daerah lain seperti di Sidoarjo, Gresik, Nganjuk, Madiun dan sejumlah daerah lainnya di Jatim," lanjut Sam Budigusdian.

Sementara untuk pengoperasiannya, Ditlantas Polda Jatim mengerahkan personelnya yang terlatih. Sebanyak 45 orang personel, terbagi tiga shif bertugas jaga selama 24 jam. Kesiagaan khusus difokuskan dalam pengoperasian CCTV untuk pemantauan lalu lintas yang dikendalikan dari gedung Lantas Polda Jatim.

"Personel ini siap mengontrol dan memantau pengendalian CCTV. Dan, arah CCTV juga bisa dirubah sesuai dengan kebutuhan,” kata Sam.

Dengan program ini, selain memantau kondisi lalu lintas di seluruh Jawa Timur, juga untuk membatasi ruang gerak pelaku kejahatan. (Laporan: Tudji Martudji | Surabaya)

Cerita Perjuangan TikTokers Sasya Livisya, Sering Dapat Hate Comment karena Penampilannya
Ilustrasi anak-anak .

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Dalam masa golden age itu, terjadi juga perkembangan kepribadian anak dan pembentukan pola perilaku, sikap, serta ekspresi emosi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024