Patek Tertangkap Bersama Istri di Pakistan

Umar Patek
Sumber :
  • Polri

VIVAnews - Badan Intelejen Negara (BIN) mengidentifikasi keberadaan buron teroris, Umar Patek di Pakistan. Patek tertangkap bersama istrinya, di Pakistan. "Bersama dia berangkat waktu ke sana," kata Kepala BIN, Sutanto, di Kantor Presiden, Kamis 31 Maret 2011.

Sutanto menambahkan, orang yang diduga Patek saat ini masih diidentifikasi oleh petugas polisi dan intelejen. "Sedang kita koordinasikan tentunya dan kita pastikan lagi," kata dia.

Terkait proses hukum Sutanto menambahkan, pemerintah Indonesia menghormati sistem yang berlaku di Pakistan. "Dia ada pelanggaran juga tentunya," kata dia.

Selain itu, pihak intelejen juga menelusuri asal muasal tokoh teroris yang diduga otak Bom Bali I bisa berada di Pakistan. "Itu sedang kita dalami," kata dia. Termasuk juga rencana Patek melakukan rencana aksi teror di Pakistan.

Sedang Ramai, Ini 5 Cara Mencegah Penyebaran Nyamuk DBD yang Mengancam Jiwa

Tertangkapnya Patek di Pakistan di luar dugaan. Sebab, selama ini ia diperkirakan bersembunyi di suatu tempat di Indonesia atau Filipina Selatan. Apalagi, di Pakistan, pria campuran Jawa-Arab ini diduga sedang merencanakan aksi teror besar.

Bersama sejumlah pentolan jaringan teroris dunia, Al Qaeda, Patek diyakini sedang merencanakan aksi teror untuk memperingati 10 tahun tragedi menara kembar World Trade Centre pada 11 September mendatang.

Setidaknya empat negara telah menetapkannya sebagai buron: Indonesia, Filipina, Australia, dan Amerika Serikat. Bahkan, negeri Paman Sam menawarkan uang sebesar US$1 juta bagi siapapun yang bisa menangkap Patek--meski besaran hadiah itu masih lebih murah dari kepala Dulmatin yang dihargai US$10 juta.

Patek adalah pentolan teroris yang diduga otak aksi teror Bom Bali 1 tahun 2002 lalu. Ia bertugas menjadi wakil komandan lapangan dalam aksi teror menewaskan 202 orang dari berbagai bangsa itu. Pengamat terorisme Sidney Jones menyebutkan, Patek adalah kunci informasi pergerakan terorisme, khususnya di Indonesia.

HM Sampoerna Putuskan Tebar Dividen Rp 8,06 Triliun, Catat Jadwalnya
TikToker Galih Loss dihujat netizen karena aksi prank ke ojol

TikToker Galih Loss Ditangkap Polisi Buntut Diduga Lecehkan Agama Islam

Video konten kreator Galih Loss diduga melakukan penistaan terhadap agama Islam karena lecehkan kalimat Taawudz.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024