Cegah Menjalar, Pertamina Amankan Satu Tangki

Kebakaran kilang Pertamina Cilacap
Sumber :
  • ANTARA/Idhad Zakaria

VIVAnews - Manajemen Pertamina melaporkan bahwa mereka telah melokalisir satu unit tangki 32T-104 dari kemungkinan menjalarnya ledakan dari tiga tangki di Unit Pengolahan IV Cilacap, Jawa Tengah.

Dalam keterangan pers yang diterima VIVAnews.com di Jakarta, Minggu, 3 April 2011 disebutkan bahwa upaya pemadaman berbagai cara. Awak Pertamina itu berusaha melokalisir kebaran ini, dengan cara mendinginkan tanki-tanki di sekitar tanki yang terbakar.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Upaya pendinginan dilakukan dengan cara menyemprotkan air sebanyak mungkin kepada tangki yang masih utuh. Salah satu tangki yang didinginkan itu adalah  tangki 32T-104 yang berada disebelah Timur tangki  31-T7.

Pertamina menyatakan bahwa upaya lokalisir tangki 32T-104 dilakukan dengan menyemprotkan air kepada tangki sehingga membentuk tirai air untuk menstabilkan suhu.. Kondisi ring water springkler yang berada disekitar tangki juga dilaporkan masih berfungsi secara otomatis.

Menurut Laporan terkini,  hingga pukul 09.55 WIB, api di tangki 31-T2 sudah mengecil, api di tangki 31-T3 sudah mulai berkurang. Namun diakui pada tangki 31-T7, api masih fluktuatif artinya kadang membesar kadang mengecil.

Upaya pemadaman dilakukan dengan menggunakan busa khusus yang terus disemprotkan kepada tangki 31-T2, 31-T3 dan 31-T7 dengan memakai nozzle watercanon foam yang berjarak tembak 20 Meter, teleskopic foam dengan Jarak tembak 30 Meter, terminator gun foam yang menembakan busa khusus dengan Volume  3000 Galon/menit serta injeksi selang khusus kepada Foam Chamber.B

Hingga saat ini pertamina telah menambah persedian busa khusus yang digunakan untuk memadamkan api tersedia cukup banyak yaitu sebesar 42 ton yang berasal dari berbagai lokasi operasi Pertamina. 

Sementara itu jumlah aparat pemadan juga dilaporkan telah bertambah, dimana bantuan terakhir berasal dari Refinery Unit VI Balongan berjumlah 21 orang. Sehingga total pemadam kebakaran yang saat ini bekerja memadamkan tangki tersebut sebanyak 80 orang termasuk pekerja Pertamina RU IV Cilacap dari bagian operasi dan perawatan. 

Pertamina juga telah mempersiapkan pemadaman dengan menggunakan 4 (empat) buah helicopter termasuk 2 (dua) buah Helicopter dari TNI-AU.

Terkait kekhawatiran pasokan BBM, Pertamina memberikan jaminan bahwa stok BBM nasional akan aman dimana volume stok premium, solar dan kerosen berjumlah 3,2 juta Kiloliter. Namun, untuk mengantisipasi kekurangan pasokan, Pertamina juga telah menyiapkan rencana cadangan dengan menyiagakan kapal untuk menginjeksi Terminal Lomanis untuk menjaga penyaluran ke Yogjakarta dan Bandung berjalan normal. Kapal direncanakan akan menyuplai 400.000 barel premium. 

Untuk pertimbangan keamanan pelayanan LPG yang selama ini dipenuhi dari Kilang Cilacap telah dialihkan pasokannya, khusus untuk Jawa Tengah bagian barat akan mengambil dari Kilang Balongan sedangkan untuk pasokan Jawa Tengah bagian timur akan mengambil dari Terminal Elpiji Tanjung Emas sehingga kebutuhan masyarkat dapat terpenuhi seperti biasa. 

Sebelumnya, Menteri Perekonomian Hatta Rajasa yang langsung meninjau lokasi kebakaran meminta Direktur Utama Pertamina Karan Agustiawan agar kebakaran tiga tangki di Pertamina UP IV Cilacap dapat dipadamkan hari ini.

Hatta khawatir pemadaman kebakaran yang berlarut-larut akan menimbulkan kekhawatiran dari dunia internasional.

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024