Majikan Penggunting Bibir TKW Dibebaskan

Sumiati, TKW korban penyiksaan di Arab Saudi
Sumber :
  • AP

VIVAnews - Keadilan belum berpihak pada Sumiati binti Salan Mustafa, tenaga kerja wanita (TKW) Indonesia yang disiksa secara sadistis oleh majikannya di Arab Saudi. Majikan yang membuatnya cacat seumur hidup, yang tega menggunting bibir bagian atasnya, menghajar, dan membakarnya, justru dibebaskan oleh pengadilan.

Seperti dikabarkan koran lokal, Arab News. "Pengadilan di Madinah pada hari Sabtu membebaskan seorang wanita yang Januari lalu divonis tiga tahun penjara karena menyiksa pembantu rumah tangga asal Indonesia," demikian dimuat situs Straits Times, Senin, 4 Maret 2011.

Padahal Januari lalu pihak Indonesia mengajukan banding atas putusan tiga tahun yang dijatuhkan pengadilan tingkat pertama. Bagi Indonesia, hukuman itu terlalu ringan.

Namun, hakim pengadilan banding justru memutuskan "tak ada bukti bahwa majikan 53 tahun itu menyiksa pembantunya, Sumiati Binti Salan Mustapa." Pengacara terdakwa malahan berniat mengugat ganti rugi atas kasus ini.

"Pengadilan meragukan kebenaran tuduhan yang dibuat pembantu itu, karena ia menolak bersumpah di pengadilan," kata pengacara terdakwa, Ahmad Al-Rashid, kepada Arab News.

Sebaliknya, pengacara Sumiati menyatakan, tak akan menyerah dan akan terus maju. "Ada bukti meyakinkan, bahwa korban menyatakan kebenaran."

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, mewakili sikap masyarakat Indonesia, memprotes keras apa yang terjadi atas Sumiati. Oleh karena itu, kata dia, pemerintah akan terus berjuang agar perempuan malang itu mendapat keadilan. Karena jelas rasa keadilan akan terluka jika majikan dibiarkan bebas. "Sumiati ini lambang dan jadi contoh permasalahan tenaga kerja kita di Arab Saudi yang sangat rentan dengan permasalahan," kata Menlu.

Kasus Sumiati mencuat pada awal Januari 2011. Wanita asal Dompu, Nusa Tenggara Barat, ini mengalami luka-luka parah di sekujur tubuhnya, diduga kuat akibat disiksa oleh majikannya. Kulit kepala dan tubuh perempuan muda itu terkelupas. Wajahnya luka parah, lebam, dan alis matanya rusak. Yang paling mengenaskan, bibir bagian atasnya hilang terpotong. Tak hanya itu, dua kakinya nyaris lumpuh, dan jari-jari tangannya pun retak. November lalu, Sumiati telah menjalani operasi dan perlu waktu lama untuk pulih. (kd)

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks
Zodiak Leo

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Ramalan zodiak Jumat, 26 April 2024. Taurus, waspadai rekan kerja. Leo mendapat tekanan mental. Urusan percintaan Libra bermasalah. Sagitarius mendapat kejutan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024