Inilah Tugas Pertama Hakim Konstitusi Baru

Mahkamah Konstitusi Tolak Gugatan Mega dan JK
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Hakim Mahkamah Konstitusi lengkap sudah. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono resmi melantik Anwar Usman menggantikan Arsyad Sanusi yang sebelumnya menyatakan mundur.

Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD, menyambut baik pengangkatan Anwar sebagai hakim konsitusi. "Mulai hari ini lengkap dan itu bagus menurut saya," kata Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD, usai pelantikan, di Istana Presiden, Rabu 6 April 2011

Mahfud mengatakan,akan mudah bagi Anwar Usman untuk beradaptasi. "Pak Usman ini orang karir, menurut saya tidak perlu menunggu terlalu lama, kerja di MK itu kan gampang," kata dia

Dia menambahkan,  tidak ada hal khusus yang harus dipersiapkan Anwar. "Langsung saya kasih tugas, nanti dia satu panel dengan saya untuk kasus pertama yang ditangani," kata dia.

Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum dengan Sesama Jenis, Kantor Disegel

Mahfud mengatakan, tugas pertama Anwar adalah menjadi hakim panel dalam salah satu kasus pemilu kepala daerah di Kepulauan Riau bersama hakim konstitusi lain, Maria Farida Indrati.

Bagaimana pendapat Anwar sendiri? "Saya akan menjadikan tempat tugas itu tempat beribadah yah sekaligus berbakti pada bangsa dan negara."

Arsyad Sanusi mengundurkan diri setelah Majelis Kehormatan Hakim menyatakan ia telah gagal mempertanggungjawabkan moral sebagai hakim konstitusi. Arsyad mencuat namanya setelah disebut terkait dalam upaya penyuapan di Mahkamah Konstitusi.

Anwar terpilih setelah menyingkirkan satu calon lainnya yaitu Hakim Tinggi PT TUN Medan, Irfan Fachruddin.

Tiga orang anggota TNI dikabarkan tersambar petir di depan Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu 24 April 2024 siang.

Prada Ardiansyah, Prajurit TNI yang Tersambar Petir Meninggal Dunia

Satu prajurit TNI yang menjadi korban tersambar petir di dekat Mabes TNI, Cilangkap, meninggal dunia, karena pendarahan di telinga

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024