Polri: Travel Warning Australia Wajar

Umar Patek
Sumber :
  • Polri

VIVAnews -- Buntut tertangkapnya gembong teroris Umar Patek di Pakistan, Australia mengeluarkan travel warning ke Indonesia. Pemerintah Negeri Kanguru khawatir, tertangkapnya Patek akan memicu serangan teroris di Indonesia yang mengancam keselamatan warga asing.

Menanggapi kebijakan Australia itu, Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Inspektur Jenderal Anton Bachrul Alam mengatakan, itu wajar. "Itu wajar-wajar  saja. Orang punya prediksi macam-macam, itu hak mereka" kata Anton di Mabes Polri, Jumat 8 April 2011.

Namun yang jelas, tambah dia, "Polri berjanji akan melindungi warga negara Australia yang tinggal di Indonesia."

Sebelumnya, seperti dimuat situs Australian Associated Press, Jumat, 1 April 2011, tertangkapnya Patek dikhawatirkan akan membuat beberapa tokoh teroris di Indonesia keluar dari sarangnya. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dan Perdagangan Australia mengatakan para teroris ini kemungkinan akan melakukan serangan balas dendam.

"Berita penangkapan Umar Patek di Pakistan, warga negara Indonesia yang terlibat pada beberapa serangan teror, akan meningkatkan resiko kekerasan di negara tersebut dalam waktu dekat," ujar Kementerian Luar Negeri Australia dalam pernyataannya.

"Pada beberapa kesempatan, ketika seorang tokoh ekstrimis tertangkap atau terbunuh, selalu ada respon keras dari para pendukungnya, termasuk tindakan kekerasan."

Kemlu Australia mengatakan bahwa serangan teroris kemungkinan akan dilakukan di tempat keramaian yang merupakan titik kumpul para warga asing. Diduga serangan akan terjadi di Jakarta atau Bali, terutama di klab malam, bar, restoran, hotel dan bandara. Serangan ini dapat terjadi kapan saja, oleh karena itu Kemlu Australia memperingatkan warganya untuk tidak mengunjungi Indonesia.

Sebelumnya, menanggapi sikap Australia ini, Kementerian Luar Negeri melalui juru bicaranya, Michael Tene mengatakan, adalah hak setiap negara untuk melindungi warga negaranya.

Namun, Indonesia menganggap peringatan ini tidak mencerminkan situasi yang tengah terjadi di tanah air.  (eh)

Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari
ilustrasi kelopak mata

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini

Pakai lensa kontak dapat memberikan kenyamanan bagi para pengguna seperti lebih ringan dan jarak pandang lebih luas.  Namun pemilihan lensa kontak yang salah bisa iritasi

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024