Kejaksaan Keluhkan Penghematan Anggaran

Rupiah Anjlok
Sumber :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan jajaran lembaga pemerintah maupun non-pemerintah menghemat anggaran. Jaksa Agung Muda pembinaan Iskamto mengeluhkan instruksi menghemat ini.

"Kami memang disuruh menghemat. Kami sudah kecil, masa disuruh hemat terus," kata Iskamto di Kejaksaan Agung, Jumat 8 April 2011.

Iskamto lalu memaparkan anggaran Kejaksaan tahun 2011 sebesar Rp2,7 triliun. Sementara, kata dia, anggaran lembaga pemerintah lain mencapai puluhan triliun. "Disuruh hemat ya bablas," tegasnya.

Anggaran 2011 itu, dijelaskan Iskamto, termasuk anggaran biaya gaji karyawan. "Ada sekitar 21.000 pegawai, bukan hanya untuk pembangunan gedung," kata dia.

Kemarin, Presiden SBY mengimbau penghematan untuk pengeluaran-pengeluaran yang dinilai tidak penting. Selain pengeluaran untuk membangun gedung perkantoran baru, SBY juga menyoroti penggunaan anggaran untuk perjalanan dinas, seminar, atau workshop.

Dalam kesempatan itu, Presiden pun lantas menyebut sembilan lembaga yang tercatat menganggarkan Rp100 miliar lebih untuk membangun gedung saja. Salah satu lembaga yang disebut Presiden tersebut adalah Kejaksaan dan DPR. (SJ)

Ayah Mahalini Ungkap Sifat Asli Putrinya, Tak Seperti yang Disangka Netizen
Presiden FIFA, Gianni Infantino dan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir

Pernyataan Ketum PSSI Erick Thohir Usai Timnas Indonesia U-23 Dikalahkan Guinea

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir buka suara usai Timnas Indonesia U-23 kalah dari Guinea. Kekalahan ini membuat Indonesia gagal lolos ke Olimpiade 2024.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024