Yudhoyono-Menlu Jepang Bahas Bencana Alam

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Sumber :

VIVAnews – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hari ini dijadwalkan menerima kunjungan kehormatan  Menteri Luar Negeri Jepang, Takeaki Matsumoto.  Keduanya direncanakan bertemu di Kantor Presiden, Kompleks Istana Merdeka, pukul 13.00 siang nanti, untuk membahas soal bencana alam.

Seperti diketahui, Indonesia dan Jepang merupakan negara di lingkar Pasifik yang sama-sama rawan terkena bencana alam.  Indonesia sering dilanda gempa, sama seperti Jepang yang bulan lalu diguncang gempa dan tsunami dahsyat.  Gempa 9 Skala Ritcher yang menghantam negeri sakura itu bahkan berimbas pada kebocoran reaktor nuklir di Perfektur Fukushima.

“Dia (Matsumoto) bertemu (Yudhoyono) dalam rangka special meeting ASEAN-Jepang terkait bencana alam,” kata Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah, kepada VIVAnews, Sabtu 9 April 2011.  Namun Faizasyah tidak tahu apakah dalam pertemuan tersebut juga akan dibahas mengenai kelanjutan kerjasama ekonomi antarkedua negara.

Usai bertemu dengan Menteri Luar Negeri Jepang, Presiden Yudhoyono rencananya akan membuka pertemuan khusus Menteri Luar Negeri ASEAN-Jepang di Kantor Sekretariat Jenderal Asean, Jakarta, yang akan dihadiri oleh menteri luar negeri se-ASEAN.

Pertemuan khusus tersebut merupakan bentuk solidaritas ASEAN kepada penduduk Jepang.  Pertemuan itu akan membahas tentang cara-cara untuk meningkatkan kerjasama penanganan bencana alam, termasuk pemulihan pasca bencana. (umi)

Masih Ingat 34 Pemain Pertama Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia, Ada M Tahir hingga Andritany
Rocky Gerung

Dikompori Agar Debat Lawan Hotman Paris, Rocky Gerung: Cincin Beliau Lebih Berkilau dari Otaknya

Netizen membenturkan pengacara kondang Hotman Paris Hutatea dengan pengamat politik Rocky Gerung. Hotman sempat merespons netizen soal debat lawan Rocky Gerung.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024