Fadel: Heli Malaysia Kejar Aparat Indonesia

Nelayan ilegal
Sumber :
  • Antara/Feri

VIVAnews - Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad mengatakan aparatnya tak mengarahkan senjata ke helikopter Malaysia. Dia mengatakan helikopter itu justru mengejar petugas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) saat menangkap kapal nelayan Malaysia yang memasuki perairan Indonesia.

"Kita justru dikejar oleh mereka. Kita punya laporan dari Dirjen Pengawasan," kata Fadel kepada VIVAnews.com, Minggu 10 April 2011.

Sebelumnya dilaporkan oleh laman The Star, Malaysia mengerahkan empat helikopter untuk mencari dua kapal nelayan yang ditangkap petugas Indonesia. Menteri Pertahanan Malaysia mengatakan otoritas Indonesia menodongkan senjata ke arah helikopter Angkatan Laut Kerajaan Malaysia dan Badan Penegakan Maritim Malaysia (APMM) Malaysia.

Namun, untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan, otoritas Malaysia tidak mengambil tindakan lebih lanjut untuk menghentikan kapal petugas Indonesia. Dua perahu Malaysia itu dibawa melintasi perbatasan sekitar pukul 15.50.

Fadel mengatakan, cerita itu hanya tuduhan kosong belaka. Menurut dia, aparat Indonesia hanya menjalankan tugasnya menegakkan kedaulatan negara.

Fadel menambahkan, nelayan-nelayan Malaysia itu ditangkap setelah memasuki wilayah perairan Indonesia secara ilegal. Petugas KKP, kata dia, telah memberikan peringatan keras. "Namun mereka tetap saja melanggar batas dengan mengatakan masih termasuk perairan mereka," kata dia.

Ungkit Panasnya Debat di Pilpres 2024, Prabowo: Tapi Kita Tetap Satu Keluarga
Sejumlah pengendara kendaraan bermotor mengalami kemacetan lalu lintas di Tol Dalam Kota dan Jalan MT Haryono, Pancoran, Jakarta, Senin (18/5/2020).

8 Negara dengan Penurunan Tercepat di Asia

Seringkali, negara di Asia mengalami fluktuasi yang signifikan dalam berbagai indikator kunci seperti pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan sosial, dan stabilitas politik.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024