Digugat Soal Susu, Menkes Siap ke Pengadilan

Endang Rahayu Sedyaningsih
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Menteri Kesehatan (Menkes), Endang Rahayu Sedyaningsih menyatakan siap memenuhi panggilan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat soal gugatan susu formula yang mengandung bakteri Enterobacter Sakazakii.

Israel Berlakukan Keadaan Siaga di Perbatasan Lebanon, Ada Apa?

"Kalau dipanggil, ya kita harus datang," kata Endang, di Kantor Presiden, Selasa 12 April 2011.

Hanya saja, menurut Endang, perlu dicermati panggilan tersebut ditujukan kepada siapa. "Kalau yang dipanggil menteri, ya saya akan datang. Tapi, kalau kementerian yang dipanggil, saya bisa mewakilkan," ujar dia.

Menkes mengaku, dirinya tidak memiliki data terkait daftar susu fomula berbakteri tersebut. "Saya nggak punya data, apa yang harus saya umumkan," kata Endang.

Sebelumnya, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat mengeluarkan peringatan kepada Menkes, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk melaksanakan putusan Mahkamah Agung (MA) soal kasus susu formula berbakteri secara sukarela.

Ketiganya harus hadir di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada waktu yang telah ditentukan. "Supaya datang menghadap di hadapan kami pada hari Selasa 26 April 2011, pukul 10.00 WIB," kata Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Syahrial Sidik dalam penetapan yang dikeluarkan, Senin 11 April 2011.

Menkes cs diharapkan dapat melaksanakan putusan dengan mengumumkan nama produk susu yang mengandung bakteri Enterobacter Sakazakii.

Dalam pertimbangannya, Syahrial mengatakan, penetapan dikeluarkan karena dipastikan tak ada satu pun pihak yang mengajukan upaya hukum luar biasa terhadap putusan kasasi MA. Dengan begitu, putusan kasasi MA itu sudah memiliki kekuatan hukum tetap.

"Hingga saat ini para pihak yang berperkara belum menggunakan haknya untuk mengajukan PK (peninjauan kembali),"  ujar Syahrial.

Resmi, PSSI Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong Hingga 2024
Ade Rai di Vindes

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Ade Rai yang merupakan seorang binaragawan terkenal, mengungkapkan beberapa jenis makanan yang harus dihindari agar tetap menjaga kebugaran dan kesegaran kulitnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024