Dana Rehabilitasi Bencana Merapi Rp1,35 T

Pengungsi Gunung Merapi
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Pemerintah segera memulai rehabilitasi dan rekonstruksi kawasan bencana gunung Merapi yang meliputi bencana erupsi maupun bencana lahar dingin. Lokasi erupsi Gunung Merapi juga diharapkan dapat menjadi kawasan taman nasional.

"Sedapat mungkin lahan ini harus menjadi Taman Nasional yang di masa depan akan menjadi landmark Yogyakarta," kata Wakil Presiden Boediono, di Istana Wakil Presiden, Jumat 15 April 2011.

Sementara itu, Juru Bicara Wakil Presiden, Yopie Hidayat, menyatakan total anggaran untuk rehabilitasi dan rekonstruksi kawasan bencana gunung Merapi mencapai Rp1,35 triliun untuk jangka waktu 2011-2013.

Menurut Yopie, dana Rp1,35 triliun itu untuk membangun kembali lima sektor dan subsektor yang rusak. "Kelima sektor itu adalah perumahan Rp247 miliar, infrastruktur Rp417,7 miliar, ekonomi Rp222,2 miliar, sosial Rp149.3 miliar dan lintas sektor Rp314,6 miliar," jelas Yopie, Jumat 15 April 2011.     

Sementara, untuk menata kawasan bencana, Yopie menuturkan, ada 1.310 hektare lahan yang harus dihutankan dan penduduk yang tinggal di sana direlokasi ke tempat yang aman. Perinciannya, 1.300 hektare terletak di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan 10 hektare di wilayah Jawa Tengah.

Kawasan ini, kata Yopie, merupakan wilayah berbahaya yang sudah tidak mungkin dihuni lagi. Jumlah warga yang direlokasi karena bencana erupsi di wilayah DIY 2.636 KK dan di wilayah Jawa Tengah 174 KK.

Jika lahan berstatus Taman Nasional, dijelaskan Yopie, maka lahan itu akan menjadi hutan yang sama sekali tidak boleh disentuh. Namun mengingat kawasan ini semula berupa daerah berpenduduk padat, besar kemumgkinan sebagian lahan itu akan dikonversi menjadi berstatus Hutan Lindung, bukan Taman Nasional.

"Bedanya dengan Taman Nasional, di Hutan Lindung masyarakat masih dapat mengambil manfaat dari tanaman yang ada tanpa menebang pohonnya. Misalnya, dengan mengambil buah maupun menggunakan lahan di bawah naungan hutan untuk area penggembalaan ternak," jelasnya. (eh)

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah
Habib Aboe Bakar Al HAbsyi di DPP PKB bersama elite PKS dan PKB

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

PKS akan menggelar acara halal bihalal pada Sabtu, lusa, di kantor DPP PKS. Semua paslon capres cawapres diundang, termasuk parpol

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024