Bom Meledak di Cirebon, BIN Kebobolan?

Bom Mapolresta Cirebon
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Wakil Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Aziz Syamsuddin, mengatakan bom di Masjid Mapolresta Cirebon dan serangkaian teror bom yang selama ini terjadi adalah bukti Badan Intelijen Negara (BIN) telah kebobolan.

Aziz mengatakan BIN semestinya bisa melakukan pencegahan sehingga tidak terjadi ledakan dan teror bom.

Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 

"BIN punya perangkat yang memiliki sistem yang bisa mencegah," kata Aziz dalam diskusi tentang Rancangan Undang-Undang (RUU) Intelijen di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Sabtu, 16 April 2011.

Dalam melakukan kerja, kata Aziz, BIN semestinya tidak hanya menjalankan tugas secara kuratif. Artinya, BIN baru turun tangan setelah kejadian.

BIN harusnya lebih banyak melakukan kegiatan yang sifatnya preventif. "Sebelum ada kejadian, cegah dulu," ucap politisi Partai Golkar ini.

Sedangkan polisi, menurut dia, tidak bisa disalahkan atau dianggap kebobolan. Sebab tugas polisi adalah menjalankan fungsi-fungsi tugas lapangan.

BIN pun diminta untuk meningkatkan koordiasi dengan kepolisian dalam mengatasi aksi teror yang terjadi. "Mereka harus bekerja sama mendeteksi lebih awal," kata Aziz. (art)

Prabowo Subianto tiba di Malaysia.

Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian

Menurut Sekjen AMMI Arip Nurahman, langkah dilakukan Prabowo ini, agar menjaga situasi tetap kondusif serta menghindari terjadinya perpecahan diantara sesama anak bangsa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024