Jaksa Agung: Cirus Sinaga Dinonaktifkan

Kesaksian Cirus Sinaga
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Jaksa Agung Basrief Arif memerintahkan penonaktifan Jaksa Cirus Sinaga, yang saat ini telah ditahan penyidik Badan Reserse dan Kriminal Mabes Polri.

"Saya sudah perintahkan untuk itu (penonaktivan)," kata Basrief di Istana Bogor, Selasa 19 April 2011. Penonaktifan itu, menurut dia, pasti dilakukan apabila ada jaksa yang ditahan.

Geger Penemuan Fosil Ular Lebihi Ukuran T-rex, Begini Bentuknya

Namun, Jaksa Agung mengaku belum menandatangani surat pemberhentian sementara itu. "Saya kan dua hari di sini (Bogor)," kata dia.

Mabes Polri menetapkan Cirus sebagai tersangka dalam kasus mafia hukum Gayus Tambunan. Cirus diduga menghilangkan pasal korupsi yang dijeratkan untuk Gayus Tambunan. Mantan jaksa kasus Antasari Azhar itu pun dijerat dengan Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Dugaan keterlibatan Cirus dalam kasus Gayus itu diawali saat penyidik Mabes Polri menjerat Gayus dengan pasal korupsi dan pencucian uang. Namun, saat itu Kejaksaan menyatakan perkara Gayus belum lengkap (P19), Cirus menyarankan penyidik untuk menambahkan Pasal 372 KUHP tentang penggelapan.

Selanjutnya, dugaan keterlibatan Cirus dalam mafia hukum itu semakin kuat, sebab dalam surat dakwaan, Gayus hanya dijerat dengan pasal penggelapan yang disarankan Cirus. Sementara itu, pasal korupsi dan pencucian uang dihilangkan.

Akhirnya, majelis hakim Pengadilan Negeri Tangerang menjatuhkan vonis bebas kepada Gayus yang juga mantan pegawai pajak tersebut. Dari sini Polri menduga Cirus terlibat dalam praktik mafia hukum. (art)

Ilustrasi kiamat.

Terkuak 5 Kejadian yang Terjadi di Dunia Dikaitkan Ketakutan soal Kiamat

 Kiamat merupakan peristiwa hancurnya kehidupan alam semesta. Kiamat adalah sesuatu yang diyakini dan disepakati oleh ilmu pengetahuan maupun agama. Tak ada satupun tahu

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024