Polisi Interogasi Adik Bomber Cirebon

Wajah pelaku bom bunuh diri di masjid Mapolresta Cirebon
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVAnews - Muchamad Syarif nekad meledakkan diri di tengah Salat Jumat di Masjid Az Dzikra, kompleks Mapolres Cirebon, Jumat 15 April 2011. Dia tewas sendirian, namun polisi menduga, Syarif bukan aktor tunggal.

Polisi menduga adik Syarif, M. Basuki, dalam terlibat dalam insiden itu. Polisi telah mengamankan Basuki untuk dimintai keterangan. "Yang bersangkutan masih diperiksa atau diinterogasi," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Pol Ketut Untung Yoga Ana di Jakarta, Rabu 20 April 2011.

Saat ini, status M Basuki masih sebagai saksi. "Sesuai ketentuan Undang-Undang Pemberantasan Terorisme, penyidik punya waktu  7 x 24 jam untuk menetapkan statusnya," kata Yoga.

Sebelumnya, Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Suparni Parto mengatakan polisi telah mengendus keterlibatan M Basuki. "Untuk keterlibatan belum begitu terbaca, (namun) ada fakta yang mengarahkan kita untuk menindaklanjuti ke proses hukum," kata Suparni.

Bahkan, kemarin, polisi menggeledah rumah Basuki di Desa Trusmi Wetan, Blok Bangbangan, RT13 RW 4, Plered, Kabupaten Cirebon. "Hasilnya, saya mendengar ada datanya dengan peralatan-peralatan yang kayaknya itu sebagai bahan untuk merakit bom," tutur Suparni.

Ayah Syarif, Abdul Ghofur, mengakui bahwa Basuki memang mengikuti jejak Syarif. Basuki ikut Syarif sejak 2009. "Alirannya berat," kata Abdul Ghofur dalam perbincangan dengan VIVAnews.com, lewat sambungan telepon Selasa malam, 19 April 2011.

Menurut Ghofur, sejak 2000, Syarif dan Basuki mendalami ajaran Islam lewat pesantren. Saat itu, ilmu Islam yang ditekuni keduanya masih normal dan tidak ada yang janggal. Tetapi, sejak 2009, keduanya berubah. "Mereka itu ibarat dari aliran 'jubah putih' ke 'jubah hitam'," ujar Ghofur.

Chandrika Chika Terjerat Kasus Narkoba, Terkena Kutukan Podcast Deddy Corbuzier?

Sejak itu, keduanya mengikuti organisasi-organisasi yang keras. Sayangnya, Ghofur tidak mengetahui keduanya bergabung di organisasi apa saja. "Karena M Syarif tertutup."

Dr. BRA. Mooryati Soedibyo

Terpopuler: Beda Sikap Ria Ricis-Teuku Ryan Perlakukan Orang Tua, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia

Berikut deretan 4 rangkuman artikel terpopuler kanal Showbiz VIVA.co.id dalam Round Up sepanjang edisi Rabu 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024